BOCORAN soal dan jawaban pretes dan postes Calon Pengajar Praktik

 Program Guru Penggerak sudah memasuki Angkatan 11. Di mana pada angkatan 11 ini menjadi sebuah perubahan mulai dari pembiayaan yang sepenuhnya akan dibebankan kepada dinas pendidikan di kota/kabupaten daerah masing-masing hingga kepada ada sebuah isu perubahan kurikulum menjadi kurikulum nasional. Disamping itu semua, saya menjadi pengamat sebuah dunia pendidikan merasakan suka dukanya. Upaya untuk program guru penggerak memang merupakan upaya untnuk bergerak bersama dalam rangka pemenuhan kebutuhan percepatan dunia pendidikan juga. 

Program Guru Penggerak pada Bulan Maret 2024 ini akan berlangsung pendampingan untuk Calon Pengajar Praktek (CPP) angkatan 11. Sedangkan pada Angkatan 10 akan berlangsung Pendidikan Guru Penggerak untuk angkatan 10 pada 14 Maret nantinya. Tentunya setiap program akan diadakan yang namanya pre tes maupun postes. Hal ini dilakukan sepertinya untuk acuan kelulusan dengan prosentase tersendiri. Saya pun mencoba menyarikan sebuah pertanyaan dan jawaban untuk pretes maupun posten untuk pendampingan CPP. Semoga sedikit bocoran soal ini bisa membantu untuk belajar dan menyelesaikan tes. Selamat menyimak !




Ibu Dahlia senantiasa memaknai pengalaman yang terjadi di sekelilingnya, baik yang terjadi pada diri sendiri maupun pihak lain secara positif-apresiatif-produktif. Menurutnya, pengalaman-pengalaman ini boleh jadi akan menimbulkan kesan positif maupun negatif. Pengalaman-pengalaman tersebut sebagai pembelajaran untuk menuntun dirinya, murid, dan sesama dalam menangkap pembelajaran positif, sehingga mampu menjalankan perannya dari waktu ke waktu.

Berdasarkan apa yang dilakukan oleh Ibu Dahlia, Nilai Guru Penggerak yang dimiliki oleh Ibu Dahlia adalah…

a. Reflektif

b. Mandiri

c. Berpihak kepada peserta didik

d. Kolaboratif

 

Sebagai pemimpin pembelajaran, dalam melakukan transformasi pendidikan yang berkelanjutan dibutuhkan tiga elemen inti yaitu inisiatif prakarsa perubahan pendidikan, pemimpin dan pengikut.

Setelah Anda memperoleh tiga elemen tersebut, yang anda lakukan selanjutnya adalah :

a. Menginventarisir kekuatan apa yang dimiliki, yang dapat diberdayakan untuk melakukan transformasi

b. Melakukan analisa kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman yang mungkin dihadapi dalam mewujudkan transformasi pendidikan

c. Melakukan analisa apa saja yang masih kurang dari sumber daya yang ada untuk mewujudkan transformasi pendidikan di sekitar

d. Mengajak teman teman sejawat untuk bersama sama melakukan transformasi pendidikan yang berkelanjutan

 

Mengapa proses menetapkan tujuan menjadi proses yang penting bagi seseorang yang ingin mewujudkan visinya?

a. Seseorang memiliki kesempatan untuk merefleksikan situasi saat ini secara rasional dan mendorongnya untuk terus bergerak.

b. Seseorang dapat mendedikasikan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya dan mengukur kemajuannya

c. Menetapkan tujuan akan membantu seseorang menjadi lebih dekat dengan visinya

d. A, B dan C benar

 

Dalam aksi nyata, Anda diminta menerapkan pemahaman Anda terkait budaya positif di kelas atau di sekolah. Anda menemukan murid-murid Anda di sekolah kepeduliannya terhadap sesama masih kurang. Berikut ini aktivitas-aktivitas yang mungkin dapat dilakukan:

1) Menciptakan Program Kebajikan yang berkaitan dengan peduli dan empati

2) Memberikan penguatan positif atau bujukan agar murid-murid yang kurang berempati dapat bersikap baik kepada teman-temannya di sekolah

3) Memberikan tanda bintang untuk murid yang memiliki sikap yang baik

4) Pembentukan keyakinan Kelas melalui poster-poster nilai kebajikan kepedulian/empati

Berdasarkan aktivitas/program di atas, program aksi nyata mana yang Anda akan pilih agar murid Anda dapat belajar dengan aman dan nyaman?

a. 1 dan 2

b. 2 dan 3

c. 2 dan 4

d. 3 dan 4

e. 1 dan 4

 

Penilaian CGP dilakukan oleh Fasilitator dan Pengajar Praktik di LMS. Salah satu komponen penilaian CGP oleh Pengajar Praktik di LMS dilakukan sesuai status kehadiran CGP pada aktivitas apa?

a. Pendampingan Individu

b. Lokakarya

c. Modul

d. Lokakarya dan Pendampingan Individu

e. Jurnal Refleksi

 

Pada setiap Lokakarya, Pengajar Praktik diwajibkan melaporkan kegiatan lokakarya di LMS berupa ...

a. perangkat lokakarya, catatan hasil lokakarya, dokumentasi kegiatan lokakarya, evaluasi proses lokakarya

b. perangkat lokakarya, catatan hasil lokakarya, dokumentasi kegiatan lokakarya, penilaian keaktifan lokakarya

c. catatan hasil lokakarya, dokumentasi kegiatan lokakarya, penilaian keaktifan lokakarya

d. dokumentasi kegiatan lokakarya, penilaian keaktifan lokakarya, perangkat lokakarya

e. perangkat lokakarya, catatan hasil lokakarya, penilaian keaktifan lokakarya

 

Salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila adalah berkebhinekaan global. Berikut manakah pernyataan di bawah ini yang termasuk ke dalam berkebhinekaan global…

a. Murid mampu menyaring informasi, mengolahnya, mencari keterkaitan berbagai informasi, menganalisa serta membuat kesimpulan berdasarkan informasi tersebut.

b. Murid mampu berkolaborasi dengan orang lain dan secara proaktif mengupayakan pencapaian kesejahteraan dan kebahagiaan orang-orang yang ada dalam masyarakatnya.

c. Murid mampu memodifikasi, menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak untuk mengatasi berbagai persoalan baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk lingkungan di sekitarnya.

d. Murid mampu berinteraksi secara positif antar sesama, memiliki kemampuan komunikasi interkultural, serta mampu memaknai pengalamannya di lingkungan majemuk sebagai kesempatan pengembangan dirinya.

 

Pada saat pendampingan Individu 2, ketika melakukan diskusi dengan CGP tentang komunitas praktisi yang dirintis CGP anda belum merintis komunitas tersebut dengan alasan belum sempat dan juga bingung memulai dari mana untuk merintis komunitas tersebut. Sebagai PP apa yang harus anda lakukan…

a. Memberikan keleluasaan kepada CGP untuk merintis komunitas praktisi kapan mereka bisa dan siap.

b. Membantu CGP untuk bisa memanage waktu secara maksimal

c. Membantu CGP membentuk komunitas praktisi.

d. Mengingatkan kembali CGP tentang langkah-langkah merintis komunitas praktisi serta bagaimana memanage waktu secara maksimal.

e. Memberi tahu kepala sekolah dan meminta CGP untuk merintis komunitas praktisi disekolah.

 

Di sesi coaching sebelumnya, Guru Penggerak berkomitmen untuk menjalankan rencana tindakannya. Namun, di sesi pagi ini ia mengatakan kalau ia belum memiliki waktu untuk mengerjakannya. Apa pertanyaan yang paling cocok untuk mereviu kemajuan dia?

a. Sepertinya Anda tidak termotivasi ya?

b. Kenapa Anda tidak mengerjakannya?

c. Apa yang menjadi hambatan?

d. Ada masalah apa?

 

Bu Anjar merasa ragu-ragu untuk mengambil sebuah keputusan. Ia lantas memilih untuk menyerahkan pengambilan keputusan kepada kepala sekolahnya. Ini hampir selalu terjadi. Berikut ini, mana yang merupakan contoh pertanyaan berbobot untuk Guru Penggerak?

a. Apa yang membuat Anda ragu?

b. Mengapa Anda ragu?

c. Pernahkan Anda mendiskusikan hal ini dengan atasan Anda?

d. Apakah Anda merasa ragu karena tanggapan dari atasan Anda?

 

Menurut KHD Pendidikan anak sejatinya menuntut anak untuk mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan alam dan zamannya. Maksud dari penyataan tersebut adalah…

a. Pendidikan harus mewujudkan anak yang memiliki kecerdasan akademik dan non akademik

b. Pendidikan menjadikan anak memiliki karakter sesuai kultur sosial budaya daerahnya dengan mengedepankan kebutuhan kompetensi masa kini.

c. Mewujudkan anak yang unggul dalam hal pengusaan teknologi dan pengetahuan masa kini yang semakin canggih.  

d. Kemampuan anak harus berpegang teguh pada kebudayaan yang berlaku yang tidak terpengaruh dengan budaya asing.

e. Pembelajaran hendaknya mengadopsi kemajuan teknologi dari luar sebagai sebuah tantangan kebutuhan abad 21.

 

Pengajar Praktek melakukan pendampingan kepada CGP secara daring dan luring. Pelaporan yang dilakukan untuk memantau aktivitas pembelajaran daring (PGP) yang dilakukan oleh CGP dituangkan Pengajar Praktik (PP) di jurnal pendampingan. Dari keempat poin berikut, poin manakah yang dituliskan dalam jurnal pendampingan oleh PP:

1.            Rangkuman ataupun benang merah dari jawaban atau respons CGP pada alur MERDEKA

2.            Jawaban atau pengumpulan tugas yang paling menarik, mengejutkan, atau menginspirasi

3.            Unggah dokumentasi kegiatan pendampingan individu

4.            Komentar secara umum terhadap aktivitas yang dijalani atau materi yang dipelajari

 

a. 1 dan 2

b. 2,3, dan 4

c. 1,2, dan 3

d. 2 dan 4

e. 1,2, dan 4

 

Ketika akan melakukan komunikasi visi dan perubahan kepada sekolah tidak semua kepala sekolah mau menerima visi yang diajukan oleh CGP, karena ada beberapa kepala sekolah yang tidak mau mengganti visi yang sudah mereka susun sebelumnya. Mereka menganggap CGP yang baru saja ikut PGP sudah berani mengganti visi sekolah yang baru. Apa yang bisa anda lakukan untuk membantu CGP tersebut…

a. Membiarkan saja kepala sekolah untuk tetap memakai visi yang lama walaupun tidak mau menerima masukan perubahan dari CGP

b. Membantu CGP dengan berbicara langsung kepada kepala sekolah supaya untuk merevisi visi sekolah. Meminta CGP menerapkan perubahan kelas secara perlahan dan konsisten.

c. CGP merevisi visi sekolah tanpa sepengetahuan kepala sekolah

d. Meminta CGP terus menerus memohon kepada kepala sekolah untuk merevisi visi sekolah

e. Membuat forum antara CGP dan kepala sekolah kemudian menyampaikan keinginan CGP untuk merevisi visi sekolah sehingga terjadi perubahan yang berdampak kepada murid di sekolah.

 

Saat mempraktikkan segitiga restitusi pada Lokakarya, ada peserta CGP yang menunjukkan posisinya sebagai guilter / punisher karena merasa selama ini saat hal tersebut diterapkan kepada siswa, siswa cenderung “mentaati” kesepakatan yang ada. Sebagai pengajar praktik apa yang harus Anda lakukan?

a. Membiarkan CGP melakukan apa yang diyakininya selama ini

b. Memberitahu CGP bahwa ia masih memposisikan dirinya bukan sebagai manager

c. Memberikan CGP banyak masukan terkait apa yang seharusnya ia lakukan dalam penerapan segitiga restitusi di kelas

d. Menanyakan pendapat dari peserta lain dalam diskusi dan membiarkan CGP menyimpulkan sendiri apa yang seharusnya ia lakukan

e. Menanyakan kepada CGP apakah yang ia lakukan sudah sesuai dengan penerapan segitiga restitusi dan bagaimana hasilnya sejauh ini

 

Yang bukan merupakan manfaat refleksi adalah:

a. Melatih individu untuk mahir berbicara di depan umum.

b. melatih individu untuk senantiasa berpikir kritis dan terus belajar.

c. membawa individu untuk membangun kesadaran untuk memikirkan hasil belajar lebih dalam

d. Individu dapat memahami maksud dan konteks yang terbangun dibalik setiap peristiwa maupun pengetahuan yang didapatkan dalam bacaan.

 

Jika dialog yang memberdayakan dikaitkan dengan praktik yang seharusnya dijalankan oleh seorang pendidik, maka dialog yang memberdayakan dapat berbentuk seperti:

a. Percakapan dua arah melalui partisipasi penuh, interaksi yang aktif dan hubungan timbal balik.

b. Obrolan ringan atau percakapan biasa yang diadakan di kedai atau di jalan.

c. instruksi otoritatif, seperti pidato atau ceramah

d. menantang pihak lain agar pandangannya diterima.

 

Salah satu CGP dampingan Anda mengatakan bahwa komunitas praktisi sudah lama ada di wilayahnya, namun forum tersebut tidak berjalan maksimal dan justru beralih menjadi ajang arisan belaka. Langkah apa yang sebaiknya dilakukan pertama kali oleh CGP tersebut?

a. Membuat selebaran untuk menyelenggarakan pertemuan tandingan dengan konten yang lebih berfaedah.

b. Menceritakan temuan tersebut kepada pengawas sekolah dan meminta solusi dari pengawas.

c. Mendokumentasikan praktik baik pengajaran yang sudah dilakukan dan membagikannya di hadapan rekan guru.

d. Menemukan rekan guru yang memiliki keresahan yang sama dan mengajak mereka memetakan masalah.

e. Melarang anggota komunitas untuk menyelenggarakan arisan lalu mengubah agenda di pertemuan berikutnya.

 

Berikut adalah peran-peran yang perlu dijalankan oleh Guru Penggerak dalam pengembangan komunitas praktisi. Bagaimanakah urutan yang tepat dalam menjalankannya?

(1) evaluasi dan refleksi pembelajaran

(2) menyelenggarakan kegiatan belajar di komunitas

(3) memfasilitasi rencana kegiatan belajar berdasarkan analisis kebutuhan

(4) mendampingi rekan sejawat dalam mempraktikkan hasil belajar

(5) mencari narasumber yang relevan\(6) menganalisis kebutuhan belajar anggota

(7) mendokumentasikan dan mempublikasikan hasil kegiatan

Pilihan jawaban:

a. 3-5-2-1-7-6-4

b. 5-2-3-4-1-6-7

c. 5-2-4-1-6-3-7

d. 6-5-3-2-4-1-7

e. 6-3-5-2-7-4-1

 

Calon Pengajar Praktik merupakan seseorang yang akan memberi teladan kepada semua orang termasuk guru guru yang ada di sekitarnya. Pilihan pernyataan berikut ini adalah pernyataan refleksi mengenai tahapan transformasi pendidikan yang sudah Anda lakukan:

a. Posisi saya sesuai dengan tiga pernyataan diatas

b. Bergerak, mengikuti seluruh tahapan seleksi CPP dan pelatihannya, untuk memperoleh makna dan berefleksi dari yang sudah dilakukan selama ini

c. Tergerak, untuk mengikuti seleksi CPP, agar bisa belajar dan menebar manfaat lebih luas

d. Menggerakkan sahabat dan teman di lingkungan sekolah dan sekitarnya untuk bersama sama melakukan transformasi pendidikan

 

Salah satu persoalan pendidikan berasal dari proses belajar tidak selalu relevan dengan konteks kebutuhan dan keinginan belajar siswa. Hal ini menyebabkan siswa tidak termotivasi untuk belajar dan memandang proses belajar sebagai keharusan saja. Jika mengacu pada Patrap Triloka, prinsip manakan yang harus dikedepankan sebagai seorang pendidik untuk merespon hal tersebut?

a. Ing Madyo Mangun Karso

b. Tut Wuri Handayani

c. Ing Ngarso Sung Tulodho

d. Ketiganya benar

 

SMP Merdeka akan mengambil keputusan tentang Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Kepala Sekolah meminta bantuan Bu Mersi, seorang fasilitator di bidang pendidikan untuk memfasilitasi pertemuan secara luring. Saat pertemuan, Bu Mersi meminta setiap guru menuliskan pendapat mereka tentang dampak positif dan negatif jika PTM dilaksanakan. Semua guru menuliskan pendapat mereka pada metaplan dan menempelkannya di kertas plano. Setelah semua guru selesai, Bu Mersi mengajak seluruh guru untuk mendekat dan membaca semua pendapat di kertas plano.\Dari situasi tersebut, kompetensi apa yang sedang diterapkan oleh Bu Mersi?

a. B dan C benar

b. Merancang proses dan Konklusi

c. Visualisasi, Interaksi dan Partisipasi

d. Dinamisasi, Konklusi dan Visualisassi

 

Pada saat lokakarya orientasi, Calon Guru Penggerak akan mengisi lembar rencana pengembangan kompetensi diri. Kompetensi tersebut merupakan serangkaian pengetahuan, keterampilan dan sikap yang perlu dimiliki seorang pemimpin pembelajaran. Manakah yang bukan merupakan kategori kompetensi tersebut?

a. Mengembangkan Kewirausahaan Sekolah

b. Memimpin Pembelajaran

c. Memimpin Manajemen Sekolah

d. Mengembangkan diri dan orang lain

e. Memimpin Pengembangan Sekolah

 

Roni selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya dan selalu dikumpulkan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Jika Roni telah berhasil menerapkan disiplin positif, maka motivasi yang paling tepat ketika mengerjakan tugasnya adalah…

a. Roni ingin mendapatkan penghargaan dari gurunya dan ingin menjadi teladan bagi teman-temannya.

b. Roni ingin mendapatkan pujian dari temannya dan berusaha menjadi anak yang bertanggung jawab

c. Roni tidak ingin mendapatkan teguran dari gurunya dan ingin menjadi anak yang bertanggung jawab.

d. Roni ingin menghargai dirinya sendiri dan juga ingin dihargai oleh guru maupun teman-temannya

e. Roni ingin menghargai dirinya sendiri dengan nilai-nilai yang dipercayanya dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.

 

Dalam Lokakarya CGP akan mempresentasikan Aksi Nyata terkait visi dan perkembangan prakarsa perubahan diri. Visi dan rancangan prakarsa perubahan diri dilakukan dengan pendekatan Inkuiri Apresiatif (rancangan BAGJA). Apa yang dapat dibantu jelaskan oleh Anda sebagai pengajar praktik mengenai BAGJA?

a. Langkah yang dilakukan dalam rancangan BAGJA dilakukan dengan mengarahkan kepada hal positif, mengidentifikasi hal positif, mengidentifikasi kekuatan, berfokus pada apa yang diinginkan terjadi, berfokus pada aspek kehidupan sehari-hari, dan mengungkap makna yang lebih spesifik serta kontekstual

b. BAGJA adalah salah satu cara untuk mempermudah CGP mengembangkan rencana prakarsa perubahan dalam membuat visi diri

c. BAGJA merupakan proses menggali lewat pembuatan pertanyaan yang akan mengajak CGP beralih dari cara berpikir dari defisit ke cara berpikir aset dan terus meningkatkan efikasi diri dalam memimpin dan mengelola perubahan

d. Dalam membuat prakarsa perubahan menggunakan BAGJA CGP dapat melakukan revisi dan mengulangi setiap langkah tanpa harus berurutan sesuai dengan kondisi yang ada

e. BAGJA dapat membantu CGP untuk memulai melakukan perubahan pada diri sendiri sehingga semakin berdaya dan berpihak pada murid

 

Anda memahami bahwa budaya positif di sekolah memberikan manfaat yang penting dalam mewujudkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi murid.

Anda berencana melakukan tindak lanjut dalam mewujudkan budaya positif di sekolah Anda. Cermati pilihan rencana tindak lanjut berikut.

1) melakukan kolaborasi yang baik dengan rekan sejawat dalam membuat program-program kebajikan universal

2) melakukan kolaborasi yang baik dengan Kepala Sekolah dalam membuat peraturan dan konsekuensi yang disepakati murid

3) berbagi pengalaman dan pembelajaran selama mempraktikkan aksi nyata budaya positif di kelas

5) membuat program keyakinan kelas di sekolah secara mandiri

Menurut Anda, rencana mana yang baik dalam mewujudkan budaya positif di sekolah Anda?

a. 1 dan 4

b. 2 dan 3

c. 1 dan 2

d. 2 dan 4

e. 1 dan 3

 

Ki Hadjar Dewantara meyakini bahwa proses belajar harus selaras dengan kodrat anak. Pada tiap periode usia anak memiliki kekhususan yang harus dijadikan bahan pertimbangan dalam proses belajar. Pada periode usia Wiraga, jasmani (raga) dan indera anak tumbuh pesat sekali. Dengan demikian, mereka harus banyak bergerak (melatih otot kasar/besar), melatih otot halus, mengeksplorasi indera mereka (pendengaran, perasa, pengecap, penciuman, peraba, termasuk imajinasi), dan mengenali simbol-simbol. Apa yang sebaiknya guru lakukan pada periode ini?

a. Guru menuntun anak untuk melakukan, membiasakan, menginsyafi, hingga akhirnya menyadari mengapa mereka (misalnya) melakukan kebiasaan baik yang mereka lakukan di sekolah, bukan sekedar menuruti/mengikuti suatu aturan/kebiasaan saja.

b. Guru berupaya mengembangkan seluruh potensi anak, karena pada periode ini jasmani (raga) dan indera anak tumbuh pesat sekali.

c. Guru berupaya fokus pada pemberian akses dan penyediaan pengalaman belajar agar anak makin merdeka dalam mengeksplorasi “dunia”nya (diri, sesama, dan lingkungan di dekatnya).  

d. Guru menuntun dan menantang anak dalam hal pengelolaan diri dan pengenalan potensi dirinya.

 

Salah satu konsep pendidikan menurut KHD adalah asas kemerdekaan yang berarti memberikan kebebasan kepada murid untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya menjadi kemampuan dan keahlian profesional yang diemban dan dihayati dengan penuh tanggung jawab. Namun kenyataannya di lapangan ketika guru memberikan kebebasan mereka malah mengabaikan kurikulum yang harus mereka tuntaskan. Jika kasus ini terjadi pada CGP anda. Apa hal yang akan anda lakukan terhadap CGP anda ?

a. Memberikan kebebasan kepada siswa dalam mengembangkan potensinya serta tetap menyelesaikan tuntutan kurikulum.  

b. Memberikan kebebasan secara penuh kepada siswa dalam mengembangkan potensinya.  

c. Memberikan kebebasan kepada siswa untuk menuntaskan semua mata pelajaran yang disukainya saja.

d. Memberikan kebebasan kepada siswa dalam mengembangkan potensinya serta tetap menuntaskan semua mata pelajaran yang disukainya.

e. Menuntut siswa untuk menuntaskan semua tuntutan kurikulum.

 

Budi pekerti merupakan keselarasan (keseimbangan) hidup antara cipta, rasa, karsa dan karya. Pendidik dapat mengembangkan pembelajaran untuk menstimulus budi pekerti anak melalui kegiatan berikut ini, kecuali …

a. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengidentifikasi karakter baik dan buruk yang ada di lingkungan masyarakat melalui pengamatan.

b. Guru melaksanakan pembelajaran yang melibatkan anak untuk mencari informasi terkait pengetahuan dan penanaman nilai-nilai karakter anak.

c. Guru dan murid sepakat membuat sebuah peraturan yang mengharuskan siswa bekerja sendiri dalam menyelesaikan tugas individu.

d. Guru melibatkan anak untuk berinteraksi dengan peserta didik yang lain dalam sebuah pembelajaran melalui kegiatan diskusi kelompok.

e. Guru melakukan penilaian pemahaman anak terkait dengan pengetahuan budi pekerti melalui tes lisan dan tertulis..

 

Salah satu prinsip Pendidikan yang Memerdekakan, menurut Ki Hadjar Dewantara, harus memenuhi Pancadharma (kodrat alam, kemerdekaan, kebudayaan, kebangsaan, dan kemanusiaan). Pemikiran apa yang harus dimiliki seorang guru atas asas kemerdekaan?

a. Siswa berpikir dan berperilaku sesuai konteks zaman saat dia tumbuh.

b. Siswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensinya menjadi keahlian yang dijalankan dengan tanggung jawab.

c. Siswa memiliki kemampuan untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan kemampuan nalarnya.

d. Siswa, sebagai mahluk bermartabat, memperlakukan semua mahluk dalam rasa cinta kasih.

 

Pada pendampingan individu, Pengajar Praktik diwajibkan melaporkan dokumentasi kegiatan dengan cara ...

a. Klik Grade > pada kolom feedback file upload file dokumentasi sesuai nama CGP binaan > klik save

b. Klik add assigment > upload file dokumentasi > klik save

c. Klik Grade > upload file dokumentasi > klik save

d. Plih Group sesuai binaan > Klik Grade > pada nama CGP binaan upload file dokumentasi sesuai nama > klik save

e. Plih Group sesuai binaan > Klik Grade > pada kolom feedback file upload file dokumentasi sesuai nama CGP binaan > klik save



Semoga sedikit bocoran soal yang disarikan dari beberapa sumber bisa membantu untuk menyukseskan para peserta pendampingan CPP. 


Salam Perubahan Penggerak Pendidikan

Salam Guru Penggerak

Komentar

Postingan Populer