Bertemu Mang Oded yang Menginspirasi di Pendopo, Bandung


Mang Oded sedang diwawancara (dokpri)

Bagi warga Bandung, nama Mang Oded sudah populer sejak dirinya menjadi Wakil Walikota Bandung periode 2013–2018. Dan saat ini Mang Oded berhasil meraih kursi Walikota di pemerintahan Kota Bandung. Bersama teman-teman dari Komunitas Youtuber Muslim Indonesia, berhasil menemui dengan Mang Oded untuk mencari kisah inspiratif darinya.

Kesuksesan Mang Oded bukan didapatkan dengan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Mang Oded yang merupakan jebolan dari Institut Pesawat Terbang Nasional (IPTN) berhasil membuat beberapa pesawat bersama dengan pimpinannya yaitu pak Habibie. Dan melihat lebih jauh tentang mang Oded, diawali dengan kemandirian dirinya yaitu setamat dari SMP hingga SMA, mang Oded sudah berusaha menjalankan bisnis dengan berjualan apa saja. Hasil kerjanya tersebut membuahkan hasil dengan kesuksesan dirinya yang tanpa mendapatkan uang jajan dari orang tuanya. Bahkan hasil dari berjualannya juga bisa menghidupkan keluarganya yaitu adik-adiknya dengan biaya sekolah untuk adik-adiknya. Sebuah keberkahan tersebut dilihat dari kesuksesan adik-adiknya yang juga sampai mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi yaitu lulus S2 bahkan S3.

Kiat kesuksesan dari Mang Oded yang berawal dari IPTN tersebut yaitu dengan aktifnya beliau dalam organisasi dan dakwah sejak sekolah bahkan perguruan tinggi. Mang Oded juga pernah menjabat sebagai pembina kerohanian. Bahkan dalam sebuah majlis di tempat kerjanya yang lama, sebelum menjabat menjadi Walikota Bandung, Mang Oded pernah menjadi pembimbing untuk ribuan karyawan dalam pendidikan agama. Ini jualah yang menjadi faktor kesuksesan lainnya dari Mang Oded.
Mang Oded sedang diwawancara (dokpri)

Mang Oded yang sudah aktif berdakwah dengan panggilannya juga tetap Mang Oded tersebut meski dalam sebuah pengajian. Satu hal yang menjadi inspirasi yaitu bahwa Mang Oded itu selalu berusaha berdagang. Sebagai bukti kekuatan berdagang yaitu penghasilannya saat di IPTN dengan hasil dagangannya dengan menjajakan buku islami dan kaset murottal bisa mencapai 1 berbanding 1. Artinya bahwa hasil berjualan dengan gaji dari IPTN yaitu sama banyak.

Dengan gaya bicara yang khas dan logat bicaranya yang khas dari Sunda ini, mang Oded kerap menjadi sebuah ikon bagi pendukungnya di kalangan pedagang. Bahkan dari nama panggilan Mang Oded ini beberapa pengusaha kuliner kerap ingin mengabadikan namanya menjadi khas kuliner. Seperti usaha kuliner cilok, memberi nama usahanya dengan cilok Mang Oded, combro Mang Oded. Itu salah satu contohnya, namun demikian Mang Oded tidak pernah memberikan inisiatif franchise untuk namanya tersebut. Mang Oded mengikhlaskan namanya dipakai siapa saja bahkan untuk menamai kuliner yang memang ber khas Sunda.

Tips Sukses dari Mang Oded nih...

Selain yang sudah disebutkan di atas tentang faktor kesuksesan yang membawa Mang Oded hingga saat ini, sebenarnya ada resep jitu dari Mang Oded yaitu sebagai berikut:
1. Senantiasa Membaca Al-Quran
Biasakanlah selalu membaca Al-Quran karena dengan membaca Al-Quran hati jadi tenang dan jiwa akan semakin syahdu untuk menerima perbaikan dan kebaikan yang ada.

2. Sholat tepat dan di awal waktu
Sholat usahakan selalu tepat waktu, Mang Oded pun mengajak seluruh warga khususnya warga bandung untuk selalu menunaikan sholat di awal waktu. Dengan adanya sholat di awal waktu maka akan ada keberkahan dan rezeki yang mengalir nantinya dari Allah. Bagi lelaki bisa juga dengan shalat berjamaah di masjid dan bagi wanita bisa jamaah di rumah dengan keluarga juga. Dan yang lebih penting yaitu adanya sholat di awal waktu tersebut.

3. Rajin infaq dan shodaqoh
Dengan banyak bershodaqoh, menurut Mang Oded akan ada rezeki lain yang akan ditambahkan dari Allah untuk umatnya yang rajin bershodaqoh. Faktor berinfaq memang jika dilihat sekilas akan mengurangi penghasilan, namun lanjut Mang Oded lagi bahwa matematika Allah itu berbeda, sehingga dengan banyak berinfaq selain untuk penambah pahala juga akan ditambah lagi rezeki lainnya untuk manusia tersebut.

Faktor tersebut pulalah, yang memberikan keyakinan bagi Mang Oded yang bisa mensukseskan sekolah adik-adiknya hingga mencapai strata 2 dan strata 3.

Foto bareng Mang Oded dengan komunitas yutuber muslim Indonesia

Mang Oded itu nama khas asli Sunda loh...

Tepat sekali, Mang Oded memang nama dengan ciri Sunda asli. Mang itu adalah panggilan untuk paman, namun sudah umum dimasyarakat Jawa Barat baik itu kenal atau tidak kenal biasanya dengan sebutan Mamang. Sedangkan Oded tikda pernah ditemukan di daerah lain selain Sunda dengan panggilan Oded. Kecirian Oded memang juga hanya ada di Jawa Barat. Jadi lengkaplah jika Mang Oded menjadi ikon untuk Jawa Barat ke depannya.

Dalam membangun Bandung ke depannya, mang Oded berharap bahwa Bandung bisa berjaya dengan terus mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah, hal ini berdasarkan ayat Al-Qur’an yang menjadi pegangan hidupnya yaitu bahwa jika mensyukuri nikmat maka Allah akan menambah nikmat kepada umatnya, namun sebaliknya jika tidak mensyukuri nikmat atau mengkufuri nikmat, maka ingatlah akan ada adzab dari Allah nantinya.

Harapan dan cita-cita untuk bangun bandung lebih bagus lagi tentu dibangun bukan saja karena pengaruh dari manusia sendiri donk, pastinya dengan bantuan dari Yang Maha Penguasa. Maka dari itu, bagus nih pesan dari mang Oded, bahwa mari kita tidak melupakan Allah dalam segala situasi dan kondisi apapun itu.

Cayo deh untuk Bandung..

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Hasil Belajar Prakondisi PLPG 2017

Menikmati Family Time di Little Boss Play and Eat

Berkunjung ke Dunia Peri Dongeng di Fairy Garden the Lodge