Festival Marawis 2019 Beri Inspirasi Islami di Bulan Ramadhan

Walikota Bogor, Bima Arya, berfoto bersama salah satu peserta tim Marawis

Festival Marawis kembali diadakan oleh Bogor Trade Mall (BTM) pada Sabtu, 25 Mei 2019. Kegiatan yang secara tidak sengaja kulihat di mall BTM itu diadakan pada bulan suci Ramadhan di saat sedang asyiknya menikmati ibadah shaum (puasa).

Kegiatan yang kusaksikan tersebut, diawali dengan pembukaan dari Walikota Bogor yaitu Bima Arya. Pada pembukaan tersebut Bima Arya mengapresiasi kegiatan dan juga memberikan sebuah inspirasi yaitu berupa hikmahnya sang Walikota tersebut pernah turut andil dalam kesenian islam marawis. Bukan hanya hal tersebut, Bapak Walikota juga turut memberikan apresiasi dan foto bersama guru seni marawis nya yang juga sebagai juri pada kegiatan tersebut.
Bima Arya dan Guru Seninya saat masih sekolah

Bima Arya membuka kegiatan dengan menabuhkan kendang diikuti pula dengan jajaran pemerintahan kota Bogor yaitu dari H. Shahlan Rasyidi selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor serta Dinas Kesenian Kota Bogor. Di sela pembukaan tersebut, Bima Arya juga turut menyampaikan rasa apresiasi akan kegaiatan marawis tersebut yang juga turut mendukung destinasi wisata halal di Kota Bogor.

Pak Shahlan menyampaikan bahwa pada kegiatan ini ada 40 peserta yang sudah hadir, dimana 20 peserta akan tampil pada 25 Mei 2019 dan 20 peserta lainnya juga akan tampil pada 26 Mei 2019. Pak Shahlan melanjutkan bahwa kegiatan festival marawis yang diadakan pada saat ini memang baru se kota Bogor, namun ke depannya diusahakan agar bisa pula diadakan dengan mengundang tim marawis dari Kabupaten Bogor ataupun Kota Depok.

Mengikuti pak Walikota dalam meninjau lokasi kegiatan yaitu di Mall BTM yang turut dijadikan ikon untuk tempat kegiatan komunitas yang ramah, akhirnya aku menemukan bahwa mall BTM juga mengadakan kegiatan yang seru selama Ramadhan 1440 H ini. Adapun kegiatan yang turut diadakan oleh mall BTM bertajuk Ramadhan Seru di Mall BTM yaitu Senandung Ramadhan, Ramadhan Berbagi, Festival Jajanan Takjil & Lomba Cooking Takjil, Ramadhan Calligraphy, Festival Nasyid, Lomba Tahfidz, Free Takjil & Ramadhan Activity Go Food Festival.



Komentar

  1. Festival Marawis yang keren bangeeett!
    Dan ya ampuuun, pak Bima Arya so sweet masih ingat ama guru seninya.
    Berasa diapresiasi banget yak.
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Festival Marawis sering juga nih ada di beberapa kota, semoga nggak hanya saat bulan ramadan, tapi kegiatan rutin

    BalasHapus
  3. perasaanku marawis sekarang kok mulai sepi
    di tempatku tapi lho ya, ntah di tempat kalian
    padahal marawis bagiku keren

    BalasHapus
  4. Alhamdullilah kesenian marawis bisa terus dilestarikan lewat ajang seperti ini ya. Syahduu

    BalasHapus
  5. Inspiratif banget acaranya, saya lebih suka acara seperti ini daripada acara musik yang cuma berisik doank, lebih baik bermusik yang lebih menambahmkecintaan kepada agama kita.

    BalasHapus
  6. Acara seperti ini sangat bagus sekali ya untuk kita dibulan puasa seperti ini menambah semangat kita dalam ibadah puasa ramadhan ya kak

    BalasHapus
  7. Wow, pesertanya banyak juga ya padahal cuma dari kota Depok aja... , Eh jadi kepikiran, di tempatku ada kelompok Marawis enggak ya...

    BalasHapus
  8. Seru banget acara2 nya selama Ramadhan.. Bisa menarik masyarakat untik datang ke mall juga ya. paling tidak.. supoorter lomba2nya tuh.

    BalasHapus
  9. Wah...saya suka lihat festival marawis, sayang pas di BTM ini ga tau jadwalnya, kalau tau mah saya nonton nih...lumayan dekat dr rmh soalnya.

    BalasHapus
  10. Seni marawis ini unik, ya. Memadukan kesenian daerah dengan unsur religi. Ini menjadi sarana bagi anak-anak muda untuk lebih mencintai kesenian dan agamanya.

    BalasHapus
  11. Masya Allah tabarakallah jadi seru banget pastinya ya Ada Festival Marawis di mall seperti ini

    BalasHapus
  12. Keren banget nih Bogor melestarikan budaya Marawis yang kyknya dah mulai gak populer ya mas. Aku gak tau ada festival ini tau gtu nonton :D

    BalasHapus
  13. Anakku senang nonton marawis. Sayang gak tau acara ini padahal Bogor mah gak jauh2 amat dari tempat tinggalku. Tinggal wusssss naik commuter.

    BalasHapus
  14. Kesenian marawis sudah jarang banget ya, dl sy pernah ikutan.. Alhamdulillah ya Pemkot Bogor ikut melestarikan marawis

    BalasHapus
  15. seru acaranya apalagi pak Walikota dalam meninjau lokasi kegiatan yaitu di Mall BTM.. makin tambah meriah ya

    BalasHapus
  16. Kala Ramadhan diiisi Deng kegiatan baik kyk gini bikin semangat anak2 ya, mba positive bngt Acaranya

    BalasHapus
  17. ku suka lomba kesenian yang melibatkan anak muda seperti ini. Trus, pas banget itu jurinya mantan guru pak walikota kebanggan Bogor.

    BalasHapus
  18. Untuk sebuah mall, mengadakan kegiatan yang islami ini jarang sekali terjadi..
    Semoga ke depannya menjadi kegiatan yang rutin di selenggarakan agar masyarakat ikut terlibat di dalamnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Family Time di Little Boss Play and Eat

Mau Terkenal dan Bermanfaat Untuk Orang Lain??? Begini Caranya...

Seberapa Greget Kamu Memiliki Rumah di Tahun 2019?