ASUS Vivobook Ultra A412DA Buat Hidup Lebih Berwarna


Dunia Pendidikan selalu penuh warna di dalamnya. Dengan beraneka ragam polemik tentang pendidikan pun turut memberikan warna tersendiri pada kehidupan peserta didik juga pendidik. Saya selaku pendidik dengan mengampu mata pelajaran matematika, harus turut memberikan nuansa keindahan dalam pendidikan.

Tak ada kata sulit untuk memberikan warna bagi peserta didik. Tuhan juga sudah menyebutkan dalam kitab suci bahwa di balik kesulitan terdapat kemudahan. Nah, sejalan dengan hal tersebut, tentu seorang pendidik harus juga berkreasi agar pelajaran bisa diterima oleh peserta didik.
Aku dan ASUS (dokpri)

Dunia pendidikan yang sejalan dengan kondisi revolusi industri 4.0 harus bisa bersinergi dengan dunia internet termasuk dalam hal ini laptop (notebook). Memang, laptop menjadi barang yang sangat berarti dalam dunia pendidikan di era saat ini. Berinovasi dengan laptop bisa memberikan kecepatan penerimaan materi pelajaran bagi peserta didik. Salah satu contoh yang pernah saya lakukan dengan menggunakan laptop yaitu dengan berkreasi memberikan nuansa baru pada metode pembelajaran dengan metode penggunaan aplikasi geogebra dalam pembelajaran.

Penggunaan laptop dengan membuka aplikasi geogebra pada materi pelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), Matriks, Integral, dan lain sebagainya . Penggunaan aplikasi ini lebih mempercepat pemahaman peserta didik dalam materi tersebut. Meskipun peserta didik memiliki aneka warna karakter dan asal usul, namun bisa dengan mudah menyerap materi pembelajaran tersebut.

Berkenaan dengan hal tersebut, penggunaan laptop bagi seorang guru juga sangat mendukung. Spesifikasi yang unik dan tinggi dan beragam penuh dinamika akan membuat baik bagi dunia pendidikan itu sendiri. Ingin rasanya saya memiliki laptop yang menunjang dunia pendidikan agar bisa lebih bermakna bagi peserta didik dan juga lainnya.


Vivobook Berikan Hidup Lebih Berwarna

Bulan Juli 2019 yang lalu ternyata ASUS merilis laptop varian terbaru yaitu Vivobook Ultra A412DA. Varian ini memiliki tagline more colourful (Lebih Berwarna). Tentu saja keinginan untuk memiliki laptop ini semakin menggebu dengan spesifikasi yang penuh warna dan kompleksitas keunggulannya.

ASUS VivoBook Ultra A412DA ini merupakan ultrabook mungil dengan berat hanya 1.5kg. Dengan ukuran 14 inci vivobook ultra ini juga disertai dengan desain stylish serta powerful. Yang uniknya lagi bahwa vivobook ini bisa digunakan sebagai perangkat penunjang pekerjaan dan juga bisa sebagai teman untuk bermain.

Ringkasnya Vivobook A412DA (pict: ASUS, Grafis: Sae)

VivoBook Ultra A412DA ini juga menyandang gelar sebagai worlds smallest colorful 14-inch ultrabook atau ultrabook dengan layar 14 inci paling berwarna dan kecil di dunia. Gelar tersebut mampu diraih berkat dimensi bodi yang diusungnya yaitu dengan panjang 32cm dan lebar 21cm dan tinggi 1,9cm sehingga sekilas terlihat seperti ultrabook yang mengusung layer 13 inci. Ditambah lagi varian warna yang unik yaitu Transparent Silver untuk pengguna yang ingin tampil simple, Slate Grey untuk pengguna yang pencinta klasik, sedangkan Peacock Blue yang memberikan efek warna berbeda dimana mata memandang. Varian warna dari jenis vivobook A412DA membuat laptop ini tampil berbeda penuh warna dari yang lain.
Muat di taruh di dalam tas, karena slim dan ringannya (pict: ASUS, Grafis: Sae)


Video Varian Warna yang Colorful pada VivoBook Ultra A412DA (dokpri)


Didukung Fitur Premium

Dan yang pasti dengan sangat tipis dan ringkas ini bisa memberikan mobilitas pengguna tanpa pengaruh keberatan saat membawa laptop. Hal ini juga akan bisa membantu saya yang seorang guru dalam berpindah kelas yang satu ke kelas yang lain tanpa memberikan efek lelah karena sangat ringannya yaitu hanya 1.5kg. Bukan hanya itu, sebenarnya yang membuat lebih keren lagi bagi vivobook ultra A412DA ini yaitu pada pilihan warna yang mencolok dan berbeda dari ultrabook lainnya.

VivoBook Ultra A412DA ini telah dilengkapi dengan beragam fitur premium seperti Nanoedge Display. Fitur premium tersebut merupakan teknologi eksklusif yang membuat bezel pada layar VivoBook Ultra A412DA bisa tampil dengan ukuran hanya 5,7mm. Efek dari bezel yang tipis sehingga dimensi bodi VivoBook Ultra A412DA dapat diperkecil serta dapat menghadirkan screen-to-body ratio hingga 87 persen.
Screen to body ratio hingga 87%, dengan performa dari Ryzen 5 dan wibdows 10 (pict: ASUS, Grafis: Sae)


Fitur premium lainnya yaitu adanya ErgoLift Design. Fitur ini dengan mekanisme khusus bisa membuat bagian bodi utama VivoBook Ultra A412DA terangkat dan membentuk sudut dua derajat. Sehingga dengan adanya ergolift ini menjadi lebih ergonomis dan nyaman digunakan dengan posisi keyboardnya yang terangkat tersebut.
Ergolift Design membantu pendinginan secara sempurna (pict: ASUS   Grafis: Sae)

Kegunaan lain dari adanya ErgoLift Design yaitu berefek pada sistem pendingin di VivoBook Ultra A412DA. Dengan Ergolift Design sehingga pendingin dapat bekerja lebih optimal. Jadi sistem bekerjanya yaitu bodi ultrabooknya akan sedikit terangkat saat digunakan ini bisa membentuk rongga yang dapat memperlancar sirkulasi udara pada sistem pendinginan. Nah, sistem pendingin yang lebih baik tersebut, sehingga hardware di dalam ultrabook ini dapat bekerja lebih optimal.

Adanya fitur chiclet sehingga mengurangi was was saat kelelahan karena performa dari fitur tersebut bisa bertahan hingga 10.000x tekanan pada keyboard. Dan uniknya lagi nih, fitur pada keyboard juga dilengkapi dengan backlight sehingga bisa memberikan cahaya di malam hari ataupun kondisi ruangan yang kurang cahaya nih.
Keyboard dengan fitur backlit dan chiclet yang menambah performa tinggi (dok. ASUS, grafis: Sae)

Dengan kehidupan sekolah dengan karakteristik siswa yang berwarna, tentu keinginan saya dalam memiliki sebuah laptop jenis vivobook ini semakin menguat. Hal ini tentu saja dengan adanya daya dukung VivoBook Ultra A412DA yang telah dilengkapi dengan fitur modern seperti pembaca sidik jari atau fingerprint yang telah terintegrasi dengan Windows Hello. Keunikannya yaitu dengan adanya integrasi tersebut memungkinkan pengguna untuk login dan masuk ke dalam akun Windows 10 di VivoBook Ultra A412 tanpa harus mentikkan password. Dan ini sangat mudah dan bisa mempermudah kerja seorang guru untuk lebih bekerja maksimal dan tentu saja lebih aman.

Sensor sidik jari untuk membuka laptop nih.. (pict: ASUS, Grafis: Sae)


Lengkap dan Powerful

VivoBook Ultra A412 hadir dengan kombinasi hardware terkini yang menghasilkan performa powerful dalam sebuah ultrabook ringkas. Ditenagai prosesor AMD Ryzen 5 3500U, VivoBook Ultra A412 merupakan salah satu ultrabook mungil yang paling gesit yang ada saat ini. Varian tertingginya yang menggunakan  Thread Clockspeed hingga 3.7 Ghz mampu menghadirkan kecepatan pemrosesan hingga 4,7 GHz pada konfigurasi 4 core dan 8 thread. Dengan bantuan AMD tersebut sehingga jika vivobook ini digunakan oleh seorang guru seperti saya, maka tentu saja bisa mempercepat pekerjaan guru dalam membuat Rencana Pembelajaran, Silabus, Program Tahunan, Program Semester, dan beraneka perangkat lainnya. Dan yang terpenting yaitu bisa membantu peran guru dengan penggunaan laptop untuk menciptakan inovasi pembelajar berbantuan teknologi yaitu laptop.
Dok. ASUS

Dalam hal pembuatan inovasi pembelajaran, tentu saja grafis dalam sebuah laptop menjadi sangat penting adanya. Nah, beberapa varian VivoBook Ultra A412 ditenagai oleh chip grafis Radeon Vega 8 dengan VRAM sebesar 2GB yang akan membantu guru (pendidik) dalam menunjang kegiatan sehari-hari berupa tayangan video pembelajaran ataupun inovasi pembelajaran berbentuk tayangan seperti game pada laptop. Hal ini bukan saja bisa dinikmati dari sisi konten hiburan bagi peserta didik (siswa) namun terdapat metode pembelajaran yang menarik loh. Daya dukung grafis yang juga diiringi dengan ditemani oleh RAM DDR4 serta penyimpanan menggunakan M.2 SSD, VivoBook Ultra A412 memberikan tampilan lebih kencang. Daya dukung bagi seorang pendidik, tentu saja akan berdaya guna nih.
Memory pada A412DA yang tinggi (dok. ASUS, grafis: Sae)

Membutuhkan tampilan dengan suara audio yang garang, tentu saja vivobook A412DA ini juga sudah dengan kualitas audio ASUS Sonic Master yang menghadirkan pengalaman hiburan lebih baik. Dan ini juga bisa menambah semangat belajar jika dalam sekolah, seorang pendidik memberikan tayangan dari hasil laptop dengan kualitas audio yang ciamik.
Audio Vivobook A412DA dengan ASUS SonicMaster (pict.ASUS, grafis: Sae)

Tidak hanya powerful secara performa, VivoBook Ultra A412 juga powerful dalam hal konektivitas. Meski memiliki bodi yang sangat ringkas, VivoBook Ultra A412 masih hadir dengan beragam port, mulai dari USB Type-A, USB Type-C, HDMI dan audio port. Semua itu tampil agar dapat mengkoneksikan berbagai macam perangkat dan aksesoris tambahan.
I/O Vivobook A412DA (pict: ASUS, Grafis: Sae)

Dengan mengusung ultrabook yang ringkas, tentu saja mobilitas menjadi andalan bagi VivoBook Ultra A412DA ini. Dengan dilengkapi dengan opsi konektivitas nirkabel berupa koneksi WiFi dual-band 802.11ac (2x2) membuat koneksi dengan internet semakin lancar dan colorful. Koneksi dengan Bluetooth 4.2 mendukung pula berbagai aksesoris nirkabel dapat terhubung secara leluasa.

Nah, saat di sekolah, berpindah tempat dari kelas yang satu ke kelas yang lain, justru memerlukan laptop dengan daya baterai yang prima. ASUS Vivobook A412DA ini dengan adanya fitur ASUS Fast Charging sehingga daya baterai cepat terisi penuh. Kegunaan Fast Charging ini sehingga tidak perlu buang waktu dalam mengisi daya.
Daya baterainya dahsyat nih.. (dok. ASUS, grafis: Sae)

Menjadi Guru dengan penuh pesona warna memang dibutuhkan saat ini di era industri 4.0. Dan dengan daya dukung VivoBook akan bisa mewujudkan hal tersebut dengan keunikan pesonanya yang lebih berwarna.

Spesifikasi Vivobook Ultra A412DA (pict: ASUS, Grafis: Sae)

Komentar

  1. ASUS nih makin kuereeeenn, terobosannya warbiyasak banget dah!
    Bangga!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Asyik ada keluaran baru ni dr asus.. Pokoknya keren semuanya.. ASUS Vivobook Ultra A412DA sudah mungil gesit pula, asyik tu ditenteng2 kemana2.. Pas buat kita-kita ini

    BalasHapus
  3. Inovasi keren, belum banyak yg mengadospi nih untuk jenis laptop/notebook
    Dengan sistem pendingin yang baik,sehingga hardware tetap aman untuk bisa bekerja optimal

    .

    BalasHapus
  4. Zaman now semua makin kece ya, contohnya nih netbook. Netbook makin ringan dan berwarna

    BalasHapus
  5. waahh naksir banget nih sama vivo.. butuh tambahan laptop handal buat kerjaan.

    BalasHapus
  6. Ini termasuk laptop ASUS yang terjangkau untuk dibeli, mudah-mudahan bisa ganti laptop ini ah. aamiin.

    BalasHapus
  7. Akh setuju aku dengan judul tulisan ini. Harga yang terjangkau dengan tampilan yang eye catching rasanya mupeng hahaha

    BalasHapus
  8. Ini sih laptop idaman banget. Spesifikasinya terbaik ditambah colourfull yang membuat diri.semakin semangat untuk memakainya

    BalasHapus
  9. Jadi pengen ni punya laptop Asus yang makin canggih saja, apa lagi laptop ku sudah rusak, kapan ya bisa terealisasi memiliki Asus ini 😁😁 mupeng dah

    BalasHapus
  10. Acer mkin keren ya speknya yg tipe ini dah gitu yg terpenting lagi ringan dibawa kemana2 kpingin bngt ganti yg di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asheeekkk... Ganti laptop dengan vivobook

      Hapus
  11. Laptop sekarang spesifikasinya luar biasa ya. Pada super tangguh. Punya satuuu aja udah syukur banget nih..wkwk

    BalasHapus
  12. Makin cakep aja nih laptop dari Asus, warnanya makin keren, udah gitu ringan pula, apalagi speknya, pengen juga jadinya miliki laptop Asus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nabung yuks, kak, untuk blogger keren nih kak..

      Hapus
  13. Makin banyak pilihan untuk jenis laptop yang kecil & ringan ya. Warna-warninya pun bikin semangat belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak varian warna itu bikin kesesuaian loh, mau yang simple, mau yang klasik, atau mau yg penuh warna keren nih..

      Hapus
  14. Paling suka bawa laptop tipis dan ringan, pas banget aq pengguna setia asus jadi pgn beli deh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciyus tuh kak.. Wah ada asus fans nih.. Yuks nabung kak trus beli deh..

      Hapus
  15. Bagus nih digunakan untuk seorang guru ke kelas ya, karena ringkasnya

    BalasHapus
  16. Cocok banget ya buat yang suka jalan dan nulis on the spot , peralatan perang yang ringan dan canggih gini. Duh mupeng aku tuh

    BalasHapus
  17. laptop impian ini kakak, maulah kalo ada yang beliin. btw itu pake sensor aj yah, jadi ga bisa dibuka orang lain yah... keren seklai. ulasanya juga keceh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak, impian deh nih laptop..

      Hapus
  18. Bakal makin ganteng Mas kalo laptopnya berwarna! Ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, bro... Nerima dengan senang hati deh...

      Hapus
  19. Wih bobot 1.5 Kg cocok dibawa bawa nih pas buat mahasiswa

    BalasHapus
  20. Banyak banget ya fitur unggulan dari laptop ASUS ini. Harus nabung dulu nih aku biar bisa beli laptop baru. Salam kenal ya, Kak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Family Time di Little Boss Play and Eat

Seberapa Greget Kamu Memiliki Rumah di Tahun 2019?

Awali Harimu dengan Lebih Berarti