Menata Rumah Mungil Idaman di IPEX 2019



Indonesia Property Expo 2019 (IPEX 2019) memberikan kesan tersendiri bagiku. Berlangsung sejak 27 Juli hingga 4 Agustus 2019 yang lalu IPEX 2019 tentu saja memberikan kesan tersendiri bagiku. Betapa tidak? Expo yang diadakan bertemakan properti tersebut, juga menyiapkan sebuah ruang untuk mendisain property juga. Sebagai contoh yaitu adanya kegiatan sejenis talkshow juga menambah daya tarik kepadaku dan para pengunjung untuk hadir dan menikmati IPEX 2019 yang berlangsung di Jakarta Convention Centre (JCC) hall A dan B.

Pada kesempatan IPEX 2019 aku tertarik akan sebuah talkshow tentang disain ruanga dan menata rumah. Berlangsung dengan Kak Ani Berta selaku MC sekaligus moderator, talkshow yang berlangsung pun cukup meriah dengan pembicara yaitu Mbak Adelya tentang konsep penataan rumah mungil dan Mbak Zata Ligouw tentang konsep menata ruang kerja. Kesempatan mengetahui talkshow tersebut sedikit memberikan ruang bagiku dalam menata rumah agar lebih layak huni dan juga menjadi idaman bagi anggota keluarga.

Konsep rumah mungil memang sebuah pegalaman tersendiri bagiku nih. Aku dengan kehobian kurang rapi (ups, ketahuan deh) selalu bertengkar dengan istriku yang memang ingin selalu rapi dalam tata ruangan. Nah, hobiku tersebut memang selalu membuat berantakan saat bekerja dan jarang dirapikan jika belum selesai. Disinilah letak keseringan terjadinya percekcokan aku dengan istri. Namun, saat kerjaan selesai aku pun segera merapikan dan menata kembali rumah idaman.
Ki-Ka: Ani Berta, AdelyaVivin, Zata Ligouw

Menata Rumah Mungil Dengan Proporsi yang Pas

Menata rumah yang mungil dikenal dengan small space living memang harus penuh dengan proporsi yang pas. Hal ini bisa membuat kenyamanan dan juga menambah kesehatan baik secara lahirian maupun batin. Terkait dengan hal ini tentu saja perlu adanya perencanaan yang pas, antara lain yaitu menentukan apa saja kebutuhan seluruh keluarga, mengenal karakter diri sendiri dan keluarga, perbanyak referensi hal-hal yang disukai, dan terakhir yaitu menghitung budget yang tersedia. Jika sudah diperhitungkan dan direncanakan dengan baik maka perlu untuk mengetahui gaya idaman untuk rumah yang menjadi idaman.

Dalam menata rumah inipula perlu adanya sirkuasi udara salah satunya yaitu dengan adanya jendela yang besar di salah satu sisi rumah mungil. Lalu, lighting juga memberikan kenyamanan dalam hidup loh. Terkait lighting juga perlu disesuaikan dengan budget yang sesuai. Lighting ini perlu dilihat dari sisi lighting alami atau dengan bantuan sinar matahari. Lighting yang pas dan sesuai dengan akan memberikan suasanan kenyamanan dalam rumah. “Mau sekecil atau sebesar apapun rumah yang penting adalah lighting,” pesan Mbak Adelya.

Ada lagi nih, rumah tentu saja yang perlu diperhatikan yaitu tentang warna cat rumah dan storage. Untuk rumah mungil, mbak Adelya menyarankan dengan warna cat yang adem seperti warna abu-abu, coklat muda ataupun putih. Sedangkan storage perlu juga dipersiapkan dengan tersedianya budget yang ada. Namun, untuk storage ini pula bisa disiasati dengan memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai dan dibuat sekreatif mungkin.

Ternyata sebuah saran dari Mbak Adelya terkait diriku yang sering berantakan memberikan pengalaman berharga nih, yaitu Mbak Adelya menyarankan bahwa alat-alat pembersih seperti sapu, alat pel, dan lain sebagainya agar disimpan dalam satu lemari. Sehingga tidak terlihat seperti berantakan. Namun, yang lebih penting lagi tentu saja dengan kondisi rumah yang mungil yaitu harus menciptakan estetika kecantikan meskipun berantakan. Nah, jadi Pe-Er besar nih...

Ternyata kehadiran sebuah talkshow yang menarik tersebut merupakan sebuah agenda Indonesia Properti Expo 2019 di JCC Senayan yang sangat dinantikan loh. Nah, selain mbak Adelya juga ada mbak Zata yang menyarankan agar untuk ruang kerja di rumah yang mungil bisa disiasati dengan letaknya yaitu di pojok ruang, semisal di ruag tamu, ruang keluarga, ruang makan, bahka ruang istirahat. Taruhlah meja kerja di pojok tersebut. Nah, untuk meja sendiri tidak harus membeli yang baru loh, namun bisa juga dengan menggunakan yang sudah ada dan diberikan hiasan agar menarik dan nyaman dalam menambah kenyamanan untuk bekerja saat di rumah. “Kalau banyak kerja di rumah, siapkan saja dulu ruang kerja di rumah di pojokan pakai apapun yang ada,” pesan Mbak Zata.

BTN Menjadi Sponsor Tunggal Antarkan Kesuksesan IPEX 2019

Kesuksesan IPEX 2019 tentu saja selain para peserta expo yang kebanyakan properti juga didukung oleh sebuah sponsorship yang mumpuni. Berperan sebagai sponsor tunggal pada IPEX 2019 yaitu Bank Tabungan Negara (BTN). Bukan hanya talkshow, pameran rumah/apartemen yang ditawarkan oleh pengembang, hingga kepada booth-booth yang bisa menambah konten instagram dan bernarsis ria juga menjadi daya dukung yang indah dalam kesuksesan IPEX 2019.

Pada IPEX yang diakhir pada 4 Agustus 2019 tersebut, terdapat sekitar 165 pengembang baik KPR Subsidi maupun KPR Non Subsidi dengan total proyek yaitu sebanyak 650. Dan peran BTN dalam hal ini juga memberikan penawaran yang istimewa loh, diantaranya suku bunga KPR yang murah sebanyak 6,99% fixed rate 1 tahun bekerjasama dengan pengembang pilihan, bebas biaya provisi dan administrasi, uang muka ringan mulai dari 1%, maupun adanya diskon asuransi jiwa sebesar 20%.

Jika ingin melihat lebih banyak aktivitas selama IPEX 2019, bisa dicek di lnk websitenya yaitu di https://inapex.co.id ataupun media sosial instagramnya di https://www.instagram.com/indonesiapropertiexpo
Flyer Acara Serba Serbi Menata Rumah


Komentar

  1. aku pengen bisa nata rumah ukuran 4L ku jadi lebih menarik dan nyaman. kalo pencahayaan... hiks cuma ada di kamar depan doang :(

    BalasHapus
  2. Menata rumah ini PR saya banget. Secara di rumah duh berantakan tidak karuan. Pengen bisa menata sehingga rumah jadi nyaman tapi selalu saja ada kendalanya. Ga ada buat simpan barang lah, anak yg ga bisa diajak kerja sama lah dll. Hehehe

    BalasHapus
  3. Dulu kupengen dapur yg luas. Sekarang ganti lagi. Pengennya perpustakaan sm mushola. Apalagi anak anak udah gede kebutuhan makin beda hehe

    BalasHapus
  4. Punya rumah mungil, tetap bisa ditata dengan baik jadi lebih nyaman dan betah Sirkulasi udara dan penerangan membuat rumah jadi tempat yang asyik. Kenyataannya, menata rumah memang nggak segampang omongan ya, harus meluangkan waktu supaya rumah nggak terkesan berantakan.

    BalasHapus
  5. Wah eventnya kece banget nih,mbak. Dengan adanya talkshow untuk desain dan tata ruangan tentu sangat bermanfaat bagi kita yang mau punya rumah mungil yah,mbak.

    BalasHapus
  6. Maksud hati pengen rumah penataan cantik kyk yg ada di pinterest gitu, apa daya ternyta ga mudah juga hahaha..

    BalasHapus
  7. Saya termasuk yang suka ke pameran perumahan, mas Ipul. Bahkan saat masih sekolah, saya naik sepeda malam-malam ke pameran di Balai Manunggal. Suka saja lihat bangunan rumah. Makanya pas di Jakarta dulu, ada pameran, saya datang hahaha.
    Dan ini salah satu pemran keren, karena komplit, beragam hunian ditawarkan, sekaligus ada talk show-nya. Jadi misalnya minat beli rumah mungil, sudah terbayang mau menatanya seperti apa. Apalagi hunian mungil ini jadi incaran kaum milenial juga.

    BalasHapus
  8. Rumah baru sekarang memang banyak yang mungil. Tetapi, suka deh saya kalau penataan bagus dan bisa membuat kesan lapang

    BalasHapus
  9. Tips mendekor rumah selalu menjadi yg paling kucari di Pinterest. Pengin bisa mendekor rumah sesuai kebutuhanku.

    Pasti banyak yg datang ke acara ini ya Kak. Sayang waktu itu gak bisa ikutan.

    BalasHapus
  10. Baca ini jadi pengen menata ulang rumah mungil kami deh
    Kayaknya sudah waktunya geser-geser barang, mengubah tata letaknya biar gak monoton

    BalasHapus
  11. Bermanfaat bgt ya acaranya utk keluarga kecil

    BalasHapus
  12. Pastinya bermanfaat bgt acara i i utk keluarga kecil

    BalasHapus
  13. Konsep rumah minimalis saat ini memang tengah mendominasi, untuk itu perlu paham mengenai konsep tata ruangnya agar pas dan proporsional. Pasti informasi di talkshow sangat bermanfaat ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Family Time di Little Boss Play and Eat

Seberapa Greget Kamu Memiliki Rumah di Tahun 2019?

Awali Harimu dengan Lebih Berarti