Tips Balapan yang Nyaman ala Demas Agil dan Toyota New Yaris Unleash Your Fun



Dunia otomotif di Indonesia lagi menjadi sorotan. Bukan saja karena banyak peminat mobil ataupun sepeda motor yang meningkat, namun juga terpincut dengan adanya dunia balapannya.

Balap mobil, Indonesia juga sedang mengalami popularitasnya loh. Baru-baru ini dari Toyota Team Indonesia memenangkan kejuaran balap mobil yaitu pada 24 Agustus 2019. Menariknya lagi, balap mobil itu kan seperti ugal-ugalan gitu ya? Eits, tunggu dulu ternyata pandanganku salah, tidak selalu ugal-ugalan loh balap mobil itu.

Berbincang dengan pembalap mobil Indonesia yaitu Demas Agil dari Toyota Team Indonesia (TTI), justru memantik rasa ingin tahu bagiku terkait hal tersebut. Di Rumah Makan terjadilah sebuah acara yang seru dan oke punya membahas hal tersebut. Dalam acara Bertajuk VIVA Talklife x Toyota Unleash Your Fun selain Demas Agil yang pembalap (TTI) juga hadir mas Dimas Aska selaku Head of Media Relation PT. Toyota Astra Motor.
ki-ka: MC, Demas Agil, dan Dimas Aska (dokpri)

Nah, apa saja sih tips yang dibagikan oleh Demas Agil dalam acara yang berlangsung sekitar dua jam tersebut. Berikut tipsnya:

1. Balapan lah Pada Tempatnya

Tips dari Demas Agil ini memang menjadi panutan nih. Balapan mobil itu harus sesuai tracknya ya. Kenapa Coba? Tentu saja jika balapan sesuai di tempat race maka akan lebih aman dibanding balapan di tempat keramaian di jalan raya. Nah, banyak juga nih yang mengaku jiwa muda dan juga milenial sering melakukan hal yang salah terkait hal ini. Dalam hal ini saya mempunyai pengalaman terkait balapan mobil di jalan raya. Kasus yang saya coba ungkap yaitu kasus balapan mobil salah seorang siswa saya bernama Tori (sebutlah demikian ya... menjaga nama baik seseorang tentu lebih baik kan.. hehehe...)

Oke, saya mengajar di sekolah boarding school, dimana siswa boleh pulang (check out) saat sebulan sekali. Nah, siswa saya yang bernama Tori tersebut saat check out ternyata melakukan aktivitas balapan mobil sesama temannya yang lain. Dan apa yang terjadi para pembaca budiman blogku ini, Tori mengalami kecelakaan saat balapan di jalan raya. Walhasil, saat harus memasuki asrama sekolah, kondisi tubuhnya penuh luka donk. Hal ini bukan saja terjadi pada tubuhnya Tori, namun mobil yang dipakai untuk balapan juga mengalami hancur pada bagian depannya. Menyedihkan, tapi ini bisa menjadi pembelajaran bersama loh.

Nah, tips dari Demas Agil yang lahir di Jakarta pada 23 Maret 1992  di atas ada benarnya tuh. Karena orang tuanya sangat sayang terhadap Demas Agil, maka dari kecil Demas Agil sudah diberikan pemahaman untuk berkendara sesuai jalurnya. Artinya saat balapan di race yang sebenarnya silakan pacu adrenalin sesuai kapasitas dan kemampuan yang dimiliki. Namun, saat di jalan raya tentu bukan untuk balapan donk. Kenyamanan dan keamanan saat berkendara menjadi hal yang seharusnya tuh.

Balapan mobil, juga ada keunikannya bagi Demas Agil loh, sebelumnya saat awal memulai balap mobil, Demas Agil memulai dengan balap gokar. Kemenangan hingga membuatnya semakin ingin terus mencoba untuk yang lebih baik lagi. Dan faktor terhenti sementara dari ajang perlombaan balap di kala mengalami kecelakaan dan patah tangan. Hal inilah yang mengurangi rasa semangat dan menjadikan trauma untuk balapan bagi Demas Agil. Nah, kondisi berproses ini akhirnya kedua orang tuanya memahami kondisi tersebut. Orang tua Demas Agil pun memberikan kesempatan Demas Agil untuk bisa kembali balap mobil saat usianya mumpuni, terutama pula berada di jalur race yang sebenarnya.

Faktor untuk bisa melakukan balap dengan berproses inilah menjadi faktor kesuksesan bagi Demas Agil. BERPROSES untuk memahami segala situasi dan kondisi menjadi pelajaran yang berharga. Dan dukungan orang tua juga menjadi sokongan utama bagi Demas Agil. Orang tua Demas Agil mengizinkan balap mobil asalkan kondisi sekolahnya tidak terganggu, yaitu Demas Agil bisa tetap menjalani sekolah dengan nilai yang baik dan memuaskan orang tuanya juga. Jadi lakukan balapan sesuai race nya memang kunci kesuksesan juga nih.

2. Berolahraga dengan rutin.

Ternyata, Demas Agil memberikan sebuah makna akan pentingnya berolahraga nih. Meskipun dalam mengemudi sepertinya terlihat tidak membutuhkan kemampuan yang lain. Namun, berolahraga yang rutin juga diperlukan untuk menunjang stamina, apalagi saat perlombaan berlangsung. Demas Agil yang sudah memiliki penghargaan baik tingkat Nasional maupun tingkat Internasional ini, juga buth olahraga yang rutin salah satunya yaitu jogging, futsal, sit up, push up dan lain-lain. Kegunaannya tentu saja, pada 5 detik menjelang start itu dimana masa menegangkan dan menentukan, sehiingga dengan kondisi tubuh yang prima maka akan menunjang pembalap dengan melajukan mobil dengan prima.

Jika tanpa olahraga bisa dipastikan kondisi tubuh akan mudah lelah dan sangat berbahaya loh. Apalagi saat mengemudikan kendaraan saat balapan. Saat mobil akan belok kanan, belok kiri, menekan pedal gas, mengatur stir mobil, tentu sangat berpengaruh dari kondisi tubuh yang prima tuh. Makanya faktor berolahraga bisa memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berbalapan mobil loh.

3. Gunakan kendaraan yang menunjang keamanan dan kenyamanan

Untuk tips ketiga ini sebenarnya menjadi penentu juga nih, mengapa? Tentu saja donk, saat kondisi prima kendaraan menjadi faktor dalam hal yang baik untuk melakukan balapan.

Kendaraan yang bisa dijadikan acuan dalam berbalapan dengan penuh kenyamanan yaitu Toyota Yaris nih. Toyota Yaris yang memiliki sisi safety lebih banyak dibanding lainnya. Seluruh body dari mobil yang mengangkat sisi city carnya ini ternyata lebih aman dan nyaman loh. Menurut Demas Agil yang juga telah memenangkan beberapa penghargaan bersama mobil Toyota Yaris nya ini bahwa Toyota Yaris sangat menunjang keamanan dan kenyamanan dalam melakukan balap mobil. Terang saja, dengan faktor tersebut, Demas Agil baru-baru ini juga meraih podium kedua dalam ajang Japan Super Touring Car.

Faktor berkendara aman selain menguasai 5 detik awal sebelum bendera start dikibarkan, juga ketenangan untuk bisa tetap fokus saat berada di cockpit. Demas Agil merasakan 5 detik awal ini harus bisa ditaklukkan dengan sebaiknya sehingga saat sudah teratasi dan bendera start dikibarkan ini akan merasakan rasa enjoy dalam memacu kendaraannya untuk bisa menjadi juara. Demas Agil dalam membagikan pengalamannya bahwa faktor lain dalam memenangkan kejuaran tentu saja mental juara harus tetap terpatri selain strategi dan pemilihan konfigurasi mobil.

Demas Agil dan Toyota New Yaris


Unleash Your Fun

Toyota Yaris yang menjadi andalan kendaraan bagi Demas Agil memang merupakan mobil yang menunjang faktor keamanan yang lebih loh. Bukan saja fitur yang aman dalam berbalapan, namun bisa juga digunakan sebagai mobil penunjang kegiatan sehari-hari.

Untuk digunakan dalam kondisi sehari-hari, Toyota Yaris memang sudah dirancang dengan kondisi daerah tertentu yaitu Toyota Yaris yang digunakan di Amerika, Toyota Yaris yang digunakan di Eropa, dan Toyota Yaris yang khusus digunakan di Asia Pasifik terutama di Indonesia. Di Indonesia sendiri Toyota Yaris dirancang dan dibuat di Karawang, Jawa Barat. Yaris yang dirancang di Karawang tersebut, menurut Dimas Aska sudah disesuaikan untuk perjalanan dekat maupun perjalanan jauh, juga dengan kondisi pegunungan maupun kondisi normal. Faktor di Indonesia dengan banyakya tanggul maka Toyota Yaris juga sudah disesuaikan untuk bisa menunjang kondisi tersebut.
Fun with yaris (dokpri)

Fitur keamanan yang di Toyota Yaris diantaranya yaitu
- Sistem Anti-Lock Breaking System (ABS) yang membantu fungsi rem menjadi optimal saat berhenti mendadak di jalanan yang licin

-  Brake Assist (BA) memberikan tambahan daya saat pengereman mendadak.

- Electronic Brake Force Distribution (EBD) memberikan performa agar mobil tidak terpelintir saat pengereman. Sistem EBD ini sebagai faktor pendeteksi beban yang dibawa pada roda ban dan memberikan suplai tenaga pengereman sesuai dengan beban dari roda.

- Adanya struktur GOA pada body yang sangat efektif dalam melindungi penumpang dari segala benturan luar.

- Terdapat Dual SRS airbags pada bagian depan pengemudi dan bagian dashboard penumpang depan.


Fitur pada mobil Toyota New Yaris memang sangat menunjang kehidupan nih, dan tentu hal yang menarik untuk ditinjau juga yaitu dari sisi mesin. New Yaris ini memiliki performa mesin tunggal dengan mesin 1497 cc dengan transmisi otomatis dan manual. Mesin yang terdapat pada yaris ini juga memiliki daya tampung bahan bakar yaitu 24 liter dngan kode 1 NZ-FE yang mampun mengeluarkan tenaga hingga 107 HP pada 6000 RPM dan torsi sebesar 142 Nm pada 4200 RPM.

Biasanya yang namanya mobil dengan bertenaga akan berdampak kepada borosnya bahan bakar pada mobil. Berbeda dengan Yaris yang juga tetap mengedepankan kinerja tenaga mobil, namun tetap efisiensi irit bahan bakar loh. Hal ini ditunjang dengan tipe mesin VVT-I, 4 Cylinder in line DOHC, 16 Valve EFI.
Cek interior New Yaris yang nyaman, Kuy.. (dokpri)


Dengan kinerja yang semakin baik tentu saja Yaris masih menunjang sisi desain dengan kekhasan anak muda termasuk generasi milenial, yaitu desain yang simple dan elegan. Pada sisi dashboard terdapat sisi chrome dengan permukaan yang halus. Jiwa muda dengan menikmati musik juga bisa menemani perjalanan yaitu navigasinya dengan adanya display LCD. Bahkan banyak desk yang terdapat di Yaris ini juga mendukung penyimpanan berbagai barang.

Pada bagian jok Toyota All New Yaris ini juga terasa empuk dan nyaman dengan kelir berwarna merah. Ini sebagai penanda kesan pemberani bagi jiwa muda dalam melakukan perjalanan. Fitur lain yang banyak juga ada seperti DVD AVX7, Miracast, Bluetooth, 6 Speaker, USB, dan Ipod/Iphone Connectivity.
 New Yaris Memacu adrenalinku yang berjiwa muda (dokpri)

Pada bagian Eksterior All New yaris memiliki lekukan yang minim dan berbentuk seperti kapsul. Memberikan arti sebagai tampilan yang lebih fresh, aerodinamis, dan sporty. Pada bagian depan, adanya bumper yang dipisahkan oleh garis-garis di bagian tengahnya. Ada lagi nih yang menarik dari All New yaris yaitu racing looks yang sangat kental dengan garis aerodinamis nuansa modern dan stylish memberikan kesan mobil sporty dan jiwa muda yang sporty. Desain lampu utama yang tajam dan menyatu secara apik dengan grille utama, serta lampu kabut (fog lamp) memberikan fungsionalitas yang elegan dan kesan dinamis.

Pilih New Yaris, yang mana nih????? (pict: ToyotaYaris,    olahgrafis: Sae)


 Memberikan sebuah kesan menarik dan kebahagiaan dalam menikmati perjalanan tentu saja perlu adanya spare part yang mumpuni. Dan All New Yaris dengan varian warna Citrus Mica Metallic, Silver Metallic, Gray metallic, Red Mica Metallic, Orange Metallic, Super White, dan Attitude Black Mica memberikan pengalaman dalam berkendara yang lebih fun bukan hanya enak dipandang namun juga nyaman saat berkendara donk. Tips saat nyaman dalam balap maupun dalam berkendara sehari-hari bisa lebih maksimal ditunjang dengan All New Yaris donk. Terlebih menikmati kebahagian. Unleash Your Fun!!!

Keseruan dalam Unleash Your Fun, (dok. VIVA)


Komentar

  1. Mobilnya cakep, Om. Sayangnya, aku gak bisa nyetir.. jadi ya gak bakal balapan juga 😆 btw, lagian gak guna jg sih balapan sm mobil secakep ini. Sayang banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama donk, makanya balapan itu di race nya, ya kak.. Bukan di jalan raya.. Hehehe..

      Hapus
  2. Tips menarik dari pembalap nasional, Toyota emang pas buat balapan dan nyaman untuk sehari-hari

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Family Time di Little Boss Play and Eat

Mau Terkenal dan Bermanfaat Untuk Orang Lain??? Begini Caranya...

Seberapa Greget Kamu Memiliki Rumah di Tahun 2019?