Sweet 21 Curug in Garut


Sweet 21 merupakan masa indah bagi usia. Peralian masa dewasa dan pematangan diri untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan. Begitupun judul yang tertera pada tulisanku kali ini yaitu tentang sweet 21. Namun, sweet 21 berkaitan erat dengan kondisi Garut yang memang sedang menggalakkan eksplorasi wisata dan wilayahnya yang asri dan alami. Nah, kali ini Sweet 21 Curug tentu saja tentang sebuah Curug (air terjun) yang harus dilihat dan dieksplorasi keindahannya di Garut.

Dalam mengarungi keindahan Curug yang ada di Garut, para wisatawan seperti aku maupun kamu juga harus persiapkan fisik yang prima untuk bisa menjelajahnya loh. Selain kondisi tubuh yang prima, laiknya berpetualang perlu dipersiapkan pula ransum dan perbekalan lain seperti obat-obatan. Hal ini akan bermanfaat dalam penjelajahan sweet twenty Curug.

Baiklah, Sesuai dengan judul, kuakan membagikan informasi terkait curug yang ada di Garut. Ada 21 Curug yang unik dan bisa membuat kenangan indah loh:

1. Curug Nyogog
Curug ini merupakan yang unik dengan pemandangan keren yang kan menghampar loh. Betapa tidak? Curug yang terletak di Desa Makarwangi Kecamatan Cihurip Garut Selatan ini merupakan Curug dengan debit air yang deras dengan suasana lingkungan alam yang menakjubkan. Ditambah lagi perjuangan untuk menuju Curug ini harus menembus hutan dan mendaki perbukitan terjal. Namun, saat sampai di Curug ini akan terbayarkan pemandangan yang indahnya.
Curug Nyogog

2. Curug Sanghyang Taraje
Curug yang paling terkenal di Garut yaitu Curug Sanghyang Taraje. Curug ini juga dianggap fenomenal karena adanya sebuah cerita legenda tentang Sangkuriang berada di Curug ini. Curug yang terletak di Desa Kombongan Kecamatan Pakenjeng ini dipercayai masyarakat sekitar yang bahwa Curug ini sebagai lokasi Sangkuriang dalam menyimpan harta karun serta Sangkuriang mengambilkan bintang untuk Dayang Sumbi.

3. Curug Ngaleng
Curug Ngaleng dianggap sebagai kembaran dari Curug Sanghyang Taraje. Curug ini terletak di Kecamatan Cisompet dengan perjalanan menuju lokasi yang lumayan menantang yaitu harus melintasi sungai dengan berlawanan arus. Meski Curug Ngaleng ini lebih pendek dan kawasan sekitarnya tidak seluas Sanghyang Taraje namun Curug ini sebaiknya tidak dikunjungi saat hujan lebat tiba. Hal ini karena air sewaktu-waktu bisa meluap dan banyaknya batu berguguran dari atas tebing.
Curug Ngaleng

4. Curug Cibuni Racun
Mendengar namanya seperti tersimpan rasa kengerian. Namun, hanya sekedar nama yang tertera racun namun air curug nya tetap tak beracun. Air dari Curug ini berasal dari mata air Cimalagiri di Gunung Mandalawangi. Curug yang terletak di Desa Jangkurang Kecamatan Leles Kabupaten Garut ini menyimpang cerita legenda yaitu adanya putri cantik nan jelita yang meninggal dunia akibat diracun, sehingga mengikut kepada nama Curug menjadi Curug Cibuni Racun.
Curug Cibuni Racun

5. Curug Mala
Curug Mala ini akan terlihat eksotisme keindahannya di kala musim hujan. Hal ini karena Curug Mala mempunyai karakter berundak undak dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi dengan debit airnya yang melimpah. Curug ini terletak di Kecamatan Cisewu Garut Selatan.

Curug Mala

6. Curug Arjuna
Curug yang terletak di wilayah administrasi  kecamatan Pamulihan Garut Selatan ini dibilang unik karena nama Curug diambil dari tokoh pewayangan Pandawa yaitu Arjuna. Melihat Curug dengan dihiasi pepohonan membentang seolah berada dalam tokoh pewayangan Arjuna.
Curug Arjuna

7. Curug Cikanay
Curug Cikanay memesona dengan adanya tebing-tebing tinggi yang mengepungnya dengan suasana yang asri dan damai. Saat emosi memuncak, dan melepaskannya, Curug dengan debit airnya yang tidak terlalu besar ini sangat cocok untuk tempat berteriak sekeras mungkin sebagai luapan emosi. Curug ini terletak di Kecamatan Cisewu Garut Selatan.
Curug Cikanay

8. Curug Cihanyawar
Curug Cihanyawar ini terletak di Kecamatan Talegong Garut Selatan. Keindahan Curug ini karena adanya nuansa Goa yang sangat besar yang berada di sebelah kanan air terjun ini. Untuk mengeksplor lebih jauh, kiranya menjadi momen yang eksotis karena goa tersebut belum ada yang melakukan penelitian terkait kebenaran goa atau hanya sekedar lubang besar akibat longsoran bebatuan. Namun, tetap saja eksotisme Curug ini tetap bisa memanjakan diri untuk meliat keindahannya.
Curug Cihanyawar

9. Curug Cibitung
Curug Cibitung terletak di Kecamatan Cikelet Garut Selatan ini juga termasuk unik dengan adanya formasi bebatuan cadas yang memecah aliran air dan curug yang ada di atasnya. Curug Cibitung ini memliki beberapa tingkatan. Saat melintas bebatuan menuju jatuhnya air di Curug Cibitung ini harap berhati-hati karena bebatuan yang licin bisa membuat tergelincir dan terjatuh.
Curug Cibitung

10. Curug Salawe
Curug Salawe ini menghamparkan pesona air terjun dengan ketinggian terjunnya air yang sangat tinggi. Inilah Curug yang paling tinggi dibandingkan dengan Curug Sanghyang Taraje. Melihat arti dari salawe yaitu dua puluh lima artinya bahwa curug ini memiliki julah dua puluh lima aliran yang sama, nah curug saawe ini letaknya laing atas sehingga masih ada 24 curug lagi dibawahnya dengan aliran air yang sama. Curug yang terletak di Kampung Cipongok, Desa Pengrumasan Kecamatan Peundeuy ini ketinggian curugnya memang belum ada rilis resmi karena memang hingga dituliskan artikel ini belum ada pengukuran resmi. Namun demikian diyakini oleh warga dan para pelancong yang datang ke sini bahwa curug ini memiliki ketinggian lebih dari 100 meter.
Curug Salawe

11. Curug Koncrang
Curug Koncrang terletak di Kampung Pencut Desa Pangrumasan Kecamatan Peundeuy Garut Selatan. Curug yang memiliki tiga tingkatan ini digunakan sebagai sumber mata air bagi warga setempat. Tak heran bahwa di lokasi sekitaran curug ini terletak banyak selag-selang warga untuk dialirkan ke rumah warga dari sumber air di Curug Koncrang ini. 
Curug Koncrang

12. Curug Ermat
Curug ini terbilang sangat rahasia dan perlu kegigihan ekstra untuk bisa sampai ke Curug ini. Namun demikian, Curug Ermat yang terletak di Kampung Saparantu Desa Pangrumasan Kecamatan Peundeuy ini lokasinya masih sepi dan alami. Belum banyak pelancong yang menjamah kawasan di Curug Ermat ini. Dengan kondisi yang lumayan menantang untuk bisa sampai di Curug Ermat ini, disarankan untuk melihat kondisi cuaca untuk bisa sampai ke Curug ini. Hal ini dikarenakan yaitu harus menyeberangi sungai Cironggeng dengan adanya tebing yang juga bisa menjatuhkan kerikil kecil dari atas.
Curug Ermat

13. Curug Eule
Curug Eule berdekatan dengan Curug Ermat. Curug ini terbilang keren dan alami bahkan belum banyak orang tahu. Curug Eule ini memiliki dua tingkatan dengan terjunan berbentuk air mengalir menuruni dinding tebing dengan kemiringan sekitar 75 derajat. Untuk bisa sampai ke lokasi Curug ini dengan mengikuti rute jalan raya Garut Kota-Pameungpeuk menuju ke kecamatan Banjarwangi Singajaya Peundeuy. Setelah sampai baru dilanjutkan perjalanan hingga menuju ke Desa Pangrumasan. Dan jangan lupa bertanya ke warga setempat untuk bisa sampai di lokasi Curug Eule maupun Curug Ermat.
Curug Eule

14. Curug Ngaleng
Curug Ngaleng ini masih terletak di kawasan Garut Selatan yang memang secara topografi Curug sangat pas di kawasan Garut Selatan. Curug (air terjun) memang terbentuk di daerah pegunungan atau dataran tinggi dengan aliran sungai dengan kondisi topografi curam penuh dengan patahan. Nah, untuk Curug Ngaleng ini terbilang lebih sembunyi lagi, karena warga sekitar juga banyak yang belum mengetahui keberadaaan Curug Ngaleng ini. Namun untuk mengetahui Curug ini bisa menuju ke Kecamatan Cisompet Garut Selatan.
Curug Ngaleng

15. Curug Orok
Sebuah legenda yang unik terkait ibu dan anak (bayi) menjadi satu alasan diberi namanya kepada Curug Orok ini. Sebuah cerita tentang Curug ini yaitu tentang kondisi ibu yang membuang bayi dari puncak air terjun. Pada bagian ata Curug digambarkan seorang ibu dari bayi, sedangkan air terjun yang pendek digambarkan sebagai bayi yang dibuang. Sehingga tercipta sebuah nama dari Curug Orok ini. Curug ini bisa dijumpai di Desa Cikandang Kecamatan Cikajang Garut Selatan.
Curug Orok

16. Curug Luhur
Curug ini dilihat dari namanya seperti yang ada di Bandung dan Bogor. Namun Curug Luhur di Garut berbeda karena lebih tersembunyi bahkan diibaratkan sebagai surga tersembunyi. Curug ini terletak di Kecamatan Talegong Garut Selatan. Curug ini memang tidak terlalu tinggi namun debit air lumayan melimpah. Bahkan, di bawah terjunan air terdapat kolam yang alami dengan air berwarna kehijauan. Masih belum banyak tereksplor sehingga sangat menawan dan indah kian menambah sweet dari Curug ini.
Curug Luhur

17. Curug Jaga Pati
Curug Jaga pati yang terletak di Neglasari Cisompet ini terlihat keindahannya dengan adanya tiga tingkatan air terjun di Curug ini. Kondisi keasrian dan kealamiannya bisa ditunjang dengan adanya kehadiran tebing tinggi bebatuan raksasa serta pohon paku yang lebat. Airnya yang lebat pada Curug jaga Pati ini membuat diri ingin untuk berendam dan masuk ke dalamnya untuk bermain.
Curug Jaga Pati

18. Curug Cisarua
Oleh masyarakat setempat, Curug Cisarua dikenal dengan sebutan Curug Batu Nyusun. Dinamakan Curug Nyusun karena tebing tempat air mengalirnya berbentuk seperti bebatuan yang tersusun rapi yang bisa dilihat saat debit airnya tidak terlalu besar yaitu musim kemarau tiba. Crug ini bisa ditemukan di Kampung Pencut Desa Pangrumasa Peundeuy Garut.
Curug Cisarua

19. Curug Rahong
Curug Rahong ini terletak di Desa Cisewu Garut. Nuansa alam pedesaan bikin hati meleleh saat mengunjungi Curug ini. Curug ini tergolong instagramable jadi bisa dijadikan spot untuk konten di instagram. Belum lagi eksotisme lanskap dari Curug Rahong ini buat diri menghilangkan kepenatan kerja.
Curug Rahong

20.  Curug Ciharus
Curug Ciharus terletak di Desa Dano Leles, dan dikenal juga dengan sebutan Curug Dano. Curug ini di sekitarnya bisa dijadikan tempat trekking dan berkemah. Air dari Curug ini berasal dari Gunug Gede sehingga airnya jernih dan sangat sejuk serta menyegarkan. Sehingga aktivitas berkemah bisa semakin asyik saat bisa berenang di Curug ini.
Curug Ciharus

21. Curug Cibadak
Curug Cibadak ini terletak di Kecamatan Cihurip Garut Selatan. Di antara Curug yang dijelaskan di atas, hanya Curug ini yang memiliki akses terdekat dengan jalan raya. Meski dekat dengan akses transportasi namun curug ini masih lengang dari pengunjung sehingga masih bisa dinikmati keindahannya.
Curug Cibadak


Sebuah pesona keindahan dari Garut dengan sebutan Swiss van Java ini memang sungguh eksotis. Membuat rasa petualangan bercampur menikmati keindahan alam yang diberikan Tuhan. Rasa lelah dalam berpetualangan ke Curug yang dipaparkan memang sebuah rasa kebanggaan melepas penat setelah lelah bekerja. Deburan air yang jernih dengan suara khasnya membuat rasa semangat kan terpatri untuk kembali bekerja setelah menikmati Curug yang ada di Garut Jawa Barat ini. Sweet 21 nya dari Curug ini memang bisa menghilangkan kepenatan saat bekerja dan menimbulkan rasa spirit bangkit kembali untuk beraktivitas di esok hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Family Time di Little Boss Play and Eat

Mau Terkenal dan Bermanfaat Untuk Orang Lain??? Begini Caranya...

Seberapa Greget Kamu Memiliki Rumah di Tahun 2019?