Kuy Deteksi Stunting Sejak Awal Kehamilan


Stunting merupakan sebuah penyakit yang tergolong viral. Penyakit ini diawali oleh pernyataan dari seorang tokoh nasional yang mengatakan bahwa Indonesia darurat stunting. Benarkah demikian?

Sebuah jawaban mencengangkan dari seorang pembicara yaitu Prof. Dr. Ir. Hj. Netti Herawati, M.Si  selaku Ketua HIMPAUDI (Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini) pada talkshow ‘Kenali Stunting dan Pencegahannya’ yang diadakan di Hotel Santika Premiere Slipi pada Sabtu, 25 Desember 2020 yaitu bahwa penelitian terkait penyakit stunting ini sudah merebak pada tahun 2004. Penelitian dari bu Hj. Netti Herawati, saat 2004 memang dirinya dan teman-teman lain yang meneliti tentang dunia pendidikan juga sudah mengetahui adanya gejala-gejala stunting yaitu 40% ini. “Kita tidak usah kembali ke belakang terkait stunting ini, yang penting sekarang bagaimana upaya menangani dan menghindari dari adanya penyakit stunting ini, alhamdulillah pemerintah periode sekarang sangat aware terhadap penyakit stunting ini,” ucapnya saat talkshow yang diselenggarakan oleh Alhadi Daycare.

Apa langkah sebaiknya menurut praktisi pendidikan selaku Ketua Himpaudi ini. Hj. Netti mengungkapkan bahwa dunia pendidikan juga sudah mensyaratkan standar pendidikan sejak dini. Deteksi dini tentang kekurangan gizi bagi guru-guru PAUD sudah selayaknya nih dimiliki dan dibekali oleh guru PAUD. Nah, kekurangan gizi dan stunting ini juga berbeda jauh lho.. Stunting tidak akan terjadi jika pemenuhan gizi serta kerjasama antara orang tua, guru bahkan puskesmas atau lembaga kesehatan juga saling bersinergi untuk mengetahui perkembangan kepada sang anak.

Menurut Dr. Sandy Prasetyo, SpOG, perkembangan stunting ini bisa diawali dari awal kehamilan hingga umur dua tahun setelah lahir. Diawali dari masa kehamilan, ibu harus menjaga nutrisi untuk sang anak dengan meminum susu untuk ibu hamil agar terjaga nutrisi untuk sang anak. Perkembangan dari sang anak pun setelah sembilan bulan kehamilan, anak akan lahir, lalu diberikan susu dari Air Susu Ibu (ASI) hingga enam bulan tanpa makanan atau minuman selain ASI. Nah, Stunting bisa dicegah dari gizi yang baik yang telah diberikan orang tua kepada sang anak.

Tumbuh kembang anak juga sangat penting bagi sang anak menurut penuturan dari Dr. Sandy yang juga sebagai perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Tumbuh itu lebih kepada penampakan dari adanya yang terlihat seperti halnya tinggi atau rendah, gemuk atau kurus, dan lain sebagainya. Sedangkan kembang itu lebih mengarah kepada kepintaran, kecerdikan atau selainnya. Nah, tumbuh kembang jadi sangat penting bagi anak lho.

Nah, balik lagi nih, jika sudah terlewati masa 1000 Hari Pertama Kelahiran maka bisa dilihat apakah sang anak memang memiliki penyakit stunting ini atau tidak. Namun dalam masa setelah dua tahun tersebut, memang sebaiknya dipersiapkan segala gizi untuk sang anak. Disinilah letak pencegahan dari timbulnya stunting untuk anak.

Dalam pembelajaran menurut agama islam, pun sudah dijelaskan bahwa anak adalah sebuah anugerah untuk dijaga sebaiknya. Hal inilah senada dengan yang disampaikan oleh Lia Amalia, ST., S.S., MT selaku perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Menurutnya sejak dari kehamilan juga selayaknya mendekatkan diri kepada ilahi. Artinya bahwa sang orang tua juga harus bersikap baik menurut anjuran syariah.
Ketua Yayasan Alhadi, Bunda Hj. Anifah Qowiyatun memberikan kata sambutan

Makanan yang halal dan baik juga sangat mendukung untuk terhindarnya stunting pada anak. Perilaku ibu serta ayah juga merupakan sebuah anugerah agar terhindarnya stunting bagi sang anak. Makanan memang sudah seharusnya diberikan kepada sang anak dengan yang halal dan baik juga. Sehingga perkembangan yang baik bagi anak akan memberikan rasa kebaikan bagi generasi yang lebih baik, terutama untuk Indonesia yang lebih baik juga.

Nah, acara yang digelar oleh Yayasan Alhadi tersebut juga senada dengan adanya peringatan Hari Gizi Nasional 2020. Sponsor kegiatan yang juga akan menjadi brand duta gizi yaitu mayora turut mensupport. Udah tahu donk, mayora produk snack anak yang lezat dan nikmat tentunya.

Nah, Alhadi Daycare bisa pula dilihat di website di www.alhadi-daycare.com juga peduli dengan Gizi untuk anak-anak sehingga tumbuh kembang anak lebih baik. Nah, Yayasan Alhadi dengan menggelar rangkaian acara Festival Anak Ceria juga memberikan rasa kebanggaan bagi istri dari Wakil Presiden RI, yaitu Wury Ma’ruf Amin sehingga menjadi apresiasi baginya untuk membuka rangkaian acara yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan Alhadi tersebut. Sebuah apresiasi memang patut dilayangkan untuk terlaksananya sebuah pendidikan sehingga Indonesia menjadi bangsa yang lebih berdaya dan lebih baik lagi. Amiinn..

Dokumentasi dalam bentuk video bisa dilihat di:  https://youtu.be/Xk9GV9l_k8w

Penampilan siswa siswi Alhadi dalam pembacaan surat AlMulk ayat 1-5 yang penuh kebahagiaan

Komentar

  1. Alhamdulillah ya Mbak, aku ikutab bahagia karena sekarang ini informasi mengenai stunting udah di gencarkan kemana-mana. Harapannya, makin banyak orangtua yg tahu pentingnya gizi bagi anak2.

    BalasHapus
  2. Penting banget emang buat orang tua agar lebih memperhatikan perkembangan anak bahkan sejak dalam kandungan

    BalasHapus
  3. Sangat penting ya dari pada menyesal belakangan kan. Makanya berbagi informasi itu penting ya

    BalasHapus
  4. Acaranya ini sangat penting banget karena bisa mengedukasi semuanya pentingnya menjaga pola makan gitu apalagi buat anak yah

    BalasHapus
  5. Sangat penting mengetahui perkembangan anak sejak dini, agar tumbuh kembang dengan baik dan sehat. Selamat Hari Gizi Nasional 😊

    BalasHapus
  6. Di peringatan Hari Gizi ini jadi pengingat kita juga bahwa stunting ini udah nggak bisa dianggap enteng, harus gercep dengan antisipasi, pencegahan, dan perubahan

    BalasHapus
  7. Wah yayasan alhadi nih bener2 care sama tumbuh kembang anak ya. Daycarenya pasti pwrhatian babget sama anak2 titipannya.

    BalasHapus
  8. Memang ibu hamil itu harus jaga kondisi badan dan janinnya. Karena imbasnya sampai anak lahir dan tua nanti. Sejak jadi ibu saya konsen mencari informasi mengenai stunting ini, Mba.

    BalasHapus
  9. Seminar dan talkshow tentang stunting memang penting untuk terus diadakan agar para orangtua dapat mengetahui pencegahan sejak dini

    BalasHapus
  10. Stunting menjadi permasalahan yang menjadi perhatian pemerintah. Jika anak terindikasi stunting, ada baiknya orangtua segera berobat ke pelayanan kesehatan terdekat agar stunting anak tidak berlarut-larut

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Bebek Kaleyo di Tomang yang Enak

Menikmati Family Time di Little Boss Play and Eat

Mau Terkenal dan Bermanfaat Untuk Orang Lain??? Begini Caranya...