IDN Media, Media Multi Platform dengan 10 Nilai Attitudenya

 



Era saat ini, sudah mulai berkembang dengan kreativitas. Apalagi juga sudah tumbuhnya generasi milenial dan Gen Z yang juga penuh kreativitasnya. Kreativitas memang memberikan sebuah nilai tanpa batas dan arti yang lebih baik. Memang tiap Era sudah ada dunia pekerjaan yang lebih menantang dan menarik. dan era saat ini menuntut sebuah kreativitas seperti halnya dunia Millennials dan Gen Z.  

Mengambil contoh pada perusahaan IDN Media yang mewakili suara Millennials dan Gen Z untuk membawa perubahan pada dampak positif bagi mansyarakat. Perusahaan IDN Media ini juga memiliki keunikan yaitu sebagai pendemokratisasian akses pada informasi yang akurat, seimbang, bermanfaat dam positif juga.

Tahukah para pembaca blog setia ini kalau IDN Media memiliki keunikan-keunikan di dalamnya. IDN Media ini sendiri memiliki sebuah sebutan yang cukup unik bagi para pekerja/karyawannya yaitu Timmy. Layaknya pekerja tentu harus memenuhi standar yang diinginkan oleh perusahaan. Dan bagi para Timmy ini juga memiliki sebuah attitude dn etos kerja yang menarik saat di IDN Media lho. Ada 10 nilai di IDN Media tersebut disebut dengan Timmyness. Timmyness tersebut memang dibuat untuk bisa bergerak  sesuai dengan kebiasaan dan perilaku yang positif sehingga sesuai dengan nilai-nilai perusahaan dapat terbentuk. Berikut 10 nilai tersebut:

1. Bringing creativity, sincerity, and passion to the work (membawa kreativitas, ketulusan, dan semangat dalam bekerja).

Yang namanya bekerja dalam sebuah media platform, tentu saja kreativitas adalah sebuah landasan berpijak yang utama. Tanpa kreativitas tentu akan terasa hampa dan mandek untuk berikan pelayan prima kepada pengguna jasa. Semangat kreativitas memang tidak ujug-ujug muncul dengan sendirinya, namun ada kalanya kreativitas itu memang harus ditumbuhkan dengan kepedulian.

Kekritisan dan sebuah pengetahuan menjadi latar belakang kreativitas muncul. Nah, terkait erat pula bahwa dalam pengetahuan tentu dengan membaca donk. Dan yang lebih menjadi pemancing dalam kreativitas tentu adanya semanat ketekunan yag bisa tercipta dengan aktivitas membaca, berbagi pengalaman, maupun mengikuti seminar atau pelatihan.

Winston Utomo selaku Founder dan CEO IDN Media mengatakan bahwa ketullusan dalam bekerja akan memberikan hasil yang lebih baik. Namun, jika kerja tanpa ketulusan tentu menjadi sebuah tindakan yang melelahkan bahkan lebih parahnya yaitu tak membuahkan hasil. “Mereka yang bekerja dengan ketulusan adalah penggerak untuk kehidupan yang lebih baik. Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media) pun diharapkan dapat membaktikan ketulusan kerjanya bagi masyarakakt Indonesia dengan mendemokrasikan informasi,” pungkas Winston Utomo.

Nah, menarik bukan? Bahwa kreatvtas yang dilandasi dengan ketekunan dan ketulusan akan melahirkan sebuah karya yang maha dahsyat.

2. Communicatiing properly and acting ethically (berkomunikasi dengan benar dan bertindak secara etis)

Prinsip berhubungan memang salah satunya komunikasi harus berjalan ya. Dengan komunikasi ini bisa menyelaraskan maksud dan tujuan. Namun, memang berbed otak berbeda pula cara berkomunikasi dan juga kolaboratif yang dijalankan. Nah, justru Timmy harus bisa menyelaraskan antara komunikasi dan kolaboratif sehingga bisa memperlancar hasil karya yang dibuat.

Pak Winston Utomo menerangkan bahwa dalam berkomunikasi dan menjadi 10 attitude yang harus diterapkan yaitu respectful ke semua orang yang dijumpai sehingga bisa melejitkan karya dan potensi diri.

3. Thriving in ambiguity and fast-paced environment with constant changes (berkembang di tengah ambiguitas dan perubahan yang dinamis)

Pernah dengar tentang sebuah perubahan dan adaptasi? Nah, dalam berkarya di IDN Media juga harus adanya perubahan dan beradaptasi donk. Sama halnya dengan dinosaurus, bahkan tidak perlu jauh-jauh deh, saat ini kita menghadapi pandemi covid-19 dan harus bisa beradaptasi cepat untuk tidak tergerus dengan keadaan.

Bagi, Timmy justru dengan adanya Timmyness nomor 3 yaitu perubahan dan adaptasi sehingga tak perlu takut dalam menghadapi lingkungan kerja yang begitu dinamis. Bahkan perlu yang namanya suatu keberanian dalam mengambil resiko dalam beradaptasi untuk mendapatkan suatu hasil yang lebih baik dan sukses.

4. Being active and collaborative rather than competitive (bersikap aktif dan kolaboratif, bukan kompetitif)

Dunia kerja biasanya sering adanya kompetisi. Bukan saja dalam konsumen bahkan sesama pekerja dalam satu perusahaan juga berkompetisi untuk meraih jabatan tertinggi. Melalui Timmyness nomor 4 justru setiap Timmy memiliki jiwa kolaboratif bukan kompetitif. Jadi saling berpadu dalam menyelesaikan proyek yang ada untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Memang sikap kolaboratif sangat baik untuk menciptakan efektivitas dan efisiensi dalam pekerjaan. Pak Winston Utomo ingin memberikan sebuah kondisi bahwa dalam hal kompetitif memang sudah out of date dan perlu diminimalisir agar tidak terjadi persangan yang mengakibatkan perpecahan. Disinilah perlu makna kolaoratif dan bekerja sama secara aktif kepada siapa saja

5. Embracing diversity (menghargai perbedaan)

Mari sejenak maknai dengan falsafah negeri ini bahwa berbeda-beda namun tetap satu jua. Sebuah falsafah yang juga menjadi hal fundamental yang dilestarikan oleh IDN Media. “Diversity is beautiful, it always is. IDN Media terus berupaya agar dapat menjadi workplace yang ramah bagi siapa saja, apapun latar belakangnya: dari mana asalmu, apa warna kulitmu, agamamu, namun bagaimanapun, diversity saja tak cukup. Ini harus diimbangi dengan keterlibatan, kultur yang inklusif,” Winston menjelaskan.

6. Maintaining a positive attitude even when things do not go one’s way (mempertahankan sikap positif, bahkan ketika sesuatu tak berjalan sesuai dengan harapan)

Tak ayal lagi jika menyimak tentang Timmyness nomor 6 ini yang juga memberikan warning nih. Dalam sikap dan kepribadian manusia sering adalah sikap negatif yang muncul bahkan berlebih. Nah, Timmy diharapkan tidak tergerus dengan hal demikian.Sang Timmy harus lebih bersikap positif dan menghilangkan sikap negatif muncul agar bisa melahirkan produktivitas kinerja yang lebih ekstra maksimal dan berdaya guna juga.

7. Assisting others in the group with their work for the benefit of the group (membantu rekan kerja demi kepentingan kelompok)

Timmyness nomor 7 justru memang sudah selayaknya bagi pekerja untuk saling membantu. Bagi Timmy memang juga harus demikian agar hasil dan karya yang tercipta maksimal. Bahkan untuk perusahaan juga menjadi nilai lebih bagi orang lain. Namun demikian, dalam hal membantu ini menjadi sebuah landasan untuk kepentingan kelompok dan hasil perusahaan. Sebuah nilai yang berharga banget tentunya nih.

8. Praising coworkers when they are successful and helping them when they need it (memuji rekan kerja saat mereka sukses ddan membantu mereka saat mereka membutuhkannya)

Sebuah penghargaan dan memuji itu sangat mahal nilainya di era saat ini. Bahkan dalam sebuah perusahaan juga demikian. Namun, di IDN Media, Timmy harus bisa menerapkan Timmyness no 8 yaitu memuji saat Timmy yang lain sukses dalam proyeknyaa, dan tak segan untuk bisa membantu di saat Timmy lain juga membutuhkan. Pak Winston Utomo mengungkapkan bahwa justru dengan adanya pemberian apresiasi kepada orang lain, itu adalah menyampaikan dukungan kepada orang lain.

9. Doing the right thing even when no one is watching (melakukan hal yang benar bahkan ketika tak ada yang melihat)

Tetap bersikap baik adalah satu hal yang sudah diajarkan oleh pemeluk agama manapun. Bahkan dalam nilai-nilai Pancasila juga mengajarkan demikian. Berbuat baik tak selalu ketika dilihat orang, namun saat tak ada orang melihat juga harus dibudayakan bersikap baik dan benar. Sebuah integritas inilah yang bisa melahirkan kepercayaan dan memberikan reputasi Timmy lebih baik bagi orang lain. Pak Winston mengutarakan bahwa Timmy harus bisa memprioritaskan kejujuran karena kejujuran bisa pengaruhi krediibilitas dan reputasi kita.

10. Seeing the company’s success as one’s own success (melihat kesuksesan perusahaan sebagai kesuksesan diri)

Dan di akhir Timmyness yaitu nomor 10 ini sudah menjadi kewajiban. Timmy dengan bekerja pada IDN Media tentu kesuksesan perusahaan harus menjadi sebuah pencapaian untuk kesuksesan diri. “IDN Media iingin setiap Timmy merasa dilibatkan dalam keberhasilan perusahaan – bahwa tanpa mereka, IDN Media tak akan berhasil mencapai mimpi tersebut. Hal ini tentu akan meningkatkan sense of belonging, rasa bangga mereka terhaap perusahaan juga,” tutup Winston Utomo menjelaskan Timmyness yang terakhir.

Nah, sudah melihat 10 hal yang menjadikan spirit dalam bekerja di IDN Media kan. Tentu hal terseut sangat bisa memberikan effort yang baik untuk kesuksesan bukan saja perusahaan namun juga untuk para Timmy, karyawannya donk. Sukses selalu ya IDN Media.



Komentar

  1. Wah sebutannya Timmy ya..jadi ingat Lima Sekawan, hehe.. (jaduuuul..) TFS ya, jadi nambah wawasan nih

    BalasHapus
  2. Unik juga ya ada sebutan khusus untuk karyawannya, selain itu tidak hanya bekerja tapi sekaligus melatih diri menjadi karyawan atau pekerja yang berkualitas dan makin lebih baik.

    BalasHapus
  3. Nah dalam bulan ini bayak banget yg rekomendasikan idn media. Senang deh kalo ada media yg menyajikan info bermanfaat dengan tulus

    BalasHapus
  4. Dari ke sepuluh ini yang paling aku suka nomor 9 nih kak, melakukan hal baik meskipun oranglain tidak melihat

    BalasHapus
  5. Aku mampir ke IDN senengnya buka yang ada ulasan drakor mba heheheh soalnya lengkap banget. Jadi panutan ya mba IDN Media ini

    BalasHapus
  6. 10 attitudes yang diterapkan oleh Timmy di IDN Media keren semua. Kalau semua perusahaan seperti ini, para karyawannya enjoy juga kerjanya.

    BalasHapus
  7. Seneng kalau media memberikan informasi yang banyak manfaatnya, terlebih memperhatikan nilai attitude dalam suasana kerjanya. Jadi pengen tahu IDN media ini.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Bebek Kaleyo di Tomang yang Enak

Mau Terkenal dan Bermanfaat Untuk Orang Lain??? Begini Caranya...

Menikmati Family Time di Little Boss Play and Eat