7 Tips Menjadi Penulis Sukses, Langkah Awal Menerbitkan Buku

 


Menjadi seorang penulis yang sukses merupakan keinginan yang tidak mudah untuk diraih. Selain konsistensi, dalam membuat karya harus bisa menyesuaikan dengan fenomena yang ada di masyarakat. Bagi kamu yang ingin menginginkan hal itu, berikut tips menjadi penulis sukses.

Terkadang seorang penulis itu dianggap remeh. Mereka beranggapan bahwa menjadi penulis bukan profesi yang menjanjikan. Tentu saja asumsi tersebut tidak benar. Menulis bisa menjadi ladang penghasilan yang tidak diragukan lagi.

Menulis tidak harus dilakukan bagi yang mahir saja, semua bisa menulis. Hanya saja kita perlu untuk menulisnya dengan baik dan benar.

Penulis bisa menjadi sukses pasti ada prosesnya. Kita lihat saja dengan pekerjaan lainnya, bukan hanya penulis. Untuk mencapai kesuksesan pasti ada proses yang dilalui.

Mana nih yang sudah penasaran sama tips untuk menjadi penulis sukses? Nah pada kesempatan kali ini, saya mau berbagi untuk kalian yang ingin menjadi ;penulis sukses. Salah satu tips yang bisa menjadi penulis sebagai karir.

Tips Menjadi Penulis Sukses 

1. Menjadikan Membaca Sebagai Makanan 

Tips menjadi penulis sukses yang pertama terkait membaca. Mulai sadarkan diri untuk sesering mungkin membaca. Kamu bisa menganggap bahwa membaca adalah makanan yang harus disantap setiap hari.

Sering membaca akan menambah wawasan dan pengetahuan yang lebih luas. Kita ambil contoh orang yang sering membaca buku tentang puisi. Jika disimpulkan orang yang sering membaca puisi akan ada pengetahuan dan gambaran tentang puisi yang menarik.

Hal tersebut berbeda jika tidak pernah membaca atau hanya satu dua kali saja. Tentu saja pengetahuan masih kalah jauh bukan?

Pengetahuan dan wawasan yang diperoleh dari membaca inilah untuk membantu penulis dalam menyampaikan ide atau gagasan. Bagaimana dengan penulis yang jarang membaca? Penyampaian gagasan ke dalam tulisan bisa saja terasa kurang mendapatkan emosi.

Emosi pembaca bukan berarti marah-marah loh ya! Namun, bagaimana emosi pembaca bisa mendapatkan kemenarikan dari tulisan.

Membaca juga untuk membandingkan karakter. Kamu tentu tidak mau jika memiliki karakter yang sama dong! Setiap karakter dari seseorang memiliki ciri khas. Nah dari ciri khas inilah seseorang akan menilai dirimu.

2. Kreatif 

Kreatif tidak kalah jauh untuk diperatikan. Tips menjadi penulis sukses berikutnya ini sangat mempengaruhi kualitas dari tulisan kamu.

Bagi kamu yang berjiwa kreatif, sangat membantu sekali. Tulisan yang terkesan monoton sangat tidak disukai oleh pembaca.

Kamu juga harus berfikir secara kreatif. Mencari tahu keunggulan apa yang membuat kamu kreatif. Tentu saja paling mendasar tulisanmu berbeda dengan orang lain.

Walaupun satu jenis tulisan saja. Ambil contoh puisi, meskipun sama tentang cinta, buatlah gaya yang berbeda. Puisi yang bisa memberikan kreatif dari pemilihan diksi, makna, objek, subjek, dan lainnya akan lebih disukai pembaca.

Bagaimana sih cara menemukan kreatifitas? Memang kreatifitas sulit ditemukan karena bersifat abstrak. Mengapa abstrak? Kreatifitas itu terletak pada pikiran. Nah wujudnya kreatifitas bersumber dari pikiran masing-masing penulis.

Cobalah untuk menemukan kreatifitas yang kamu miliki. Kemudian salurkan pada tulisan kamu.

3. Perbanyak Latihan 

Tips menjadi penulis sukses berikutnya perbanyak latihan. Tanpa latihan kamu tidak akan terbiasa dengan menulis. Apalagi bagi kamu yang masih pemula. Latihan suatu kegiatan yang harus sering dilakukan.’

Kenapa harus latihan? Supaya kemampuanmu dapat terasah. Menulis jadi lebih mudah karena sudah terbiasa.

Urusan latihan menulis tidak melulu dilakukan di tempat kursus. Latihan menulis sendiri lebih hemat dan bisa dilakuikan kapan saja.

Perlu kamu ingat! Saat menulis jangan beranggapan bahwa tulisanmu jelek. Hal itu yang menjatuhkan semangatmu untuk terus melakukan latihan menulis.

Anggap saja tulisanmu bagus dan perlu adanya perbaikan supaya lebih menarik lagi. Degan demikian kamu akan termotivasi.

Menulis itu ada prosesnya. Jika saat ini kurang maksimal, coba lagi, lagi, dan lagi. Sampai tulisanmu beneran menarik untuk dibaca oleh banyak orang.

4. Memanfaatkan Media Sosial 

Jaman sekarang sudah tidak asing lagi dengan media sosial. Entah dari kalangan muda, remaja, dewasa, dan tua rasanya tidak afdol jika tidak memiliki akun media sosial. Tips menjadi penulis sukses keempat ini, kamu harus bisa memanfaatkan media sosial untuk mengasah kemampuan menulis.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mencari referensi menulis. Referensi sangat berguna untuk menambah kosa kata atau tema-tema yang lagi familiar.

Selain itu cobalah untuk memposting tulisan ke media sosial. Bisa Instgram. Twitter, bahkan blog sekalipun. Tujuannya agar kamu bisa mendapatkan respon dari pembaca.

Respon tentu bermacam-macam. Ambil saja respon yang membangun demi tulisanmu yang lebih baik lagi. Jadi, manfaatkan betul-betul media sosial ya!

5. Branding 

Istilah yang terkesan masih asing bagi pemula. Bagi kamu yang sudah tahu, melakukan branding perlu diperhatikan. Tips menjadi penulis sukses mengenai branding ini sebagai upaya untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat.

Kamu mau menjadi penulis yang sukses? Mulailah untuk membranding diri sebagai penulis. Bagaimana caranya? Tentu saja setiap penulis berbeda-beda. Kamu perlu kreatif dalam memperkenalkan diri.

Ambil contoh dengan pemanfaatan media sosial seperti di atas yang sudah dibahas. Siapa sih yang tak tahu Instagram? Nah melalui Instagram kamu bisa memperkenalkan diri bahwa kamu seorang penulis.

Saat memperkenalkan diri, kamu juga harus memberikan karya-karya dalam posingan. Tentu saja orang lain akan percaya bahwa kamu benar-benar seorang penulis.

Sebagai pertanyaan untuk gambaran. Bagaimana orang lain dapat mengetahui bahwa kamu adalah seorang penulis tanpa memperkenalkan diri? Dengan memperkenalkan diri inilah kunci kesuksesan kamu sebagai seorang penulis.

6. Menambah Relasi 

Menjadi penulis yang sukses tidak semudah kita membalikkan telapak tangan. Tentu saja ada proses yang terkadang harus jatuh bangun. Tips menjadi penulis sukses harus bisa membangun relasi yang sebanyak-banyaknya.

Membangun relasi ini sangat menguntungkan. Relasi bisa sama siapa saja, baik itu penulis, pembaca, penerbit buku, atau konsultan. Melalui relasi inilah kamu bisa melakukan komunikasi atau diskusi terkait kepenulisan.

Tentu saja kamu akan saling bertukar pikiran atau gagasan. Pertukaran itu akan membuahkan hasil untuk tulisanmu yang jauh lebih baik lagi.

Apalagi manusia sebagai makhluk sosial, relasi menjadi hal yang wajib dilakukan. Kita tidak bisa melakukan semuanya dengan sendiri.

Ambil contoh penulis ingin karyanya diterbitkan. Tanpa penerbit maka tidak bisa dilakukan karena kemampuannya menulis bukan menerbitkan.

7. Menulis Semenarik Mungkin 

Tulisan yang banyak disukai adalah tulisan yang tentu saja menarik untuk dibaca. Menulis menarik bisa dilihat dari berbagai aspek. Tips menjadi penulis sukses ini bisa dari gaya bahasa, topik, ketermudahan dipahami, peristiwa, dan lain sebagainya.

Unsur-unsur yang bisa membangun menarik sebuah tulisan perlu digali lebih dalam. Saat tulisan menarik dan disukai banyak pembaca, tentu saja namamu akan dikenal luas.

Menulis yang menarik itu gampang kok. Asalkan kamu mau berusaha dan mengerti aspek apa saja yang bisa membuat tulisan jadi menarik.

Nah demikianlah tips menjadi penulis sukses sebagai langkah awal sebelum menerbitkan buku. Kamu ingin menjadi penulis yang sukses? Mulailah untuk menulis dengan baik, benar, dan menarik!



ditulis oleh Krisgiyanto

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Family Time di Little Boss Play and Eat

Seberapa Greget Kamu Memiliki Rumah di Tahun 2019?

Menikmati Bebek Kaleyo di Tomang yang Enak