Skill Guru Meningkat dan Bersertifikasi Wujudkan Profesionalisme Guru Bersama GuruInovatif.id



Era Pandemi Covid 19 ini menjadi sebuah halangan dan tantangan tersendiri dalam pembelajaran. Guru/Pendidik juga perlu mencari cara terbaik dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik. Bukan hanya itu, tentu pihak sekolah juga saling bersinergi untuk menjalankan pembelajaran sebagaimana mestinya.

Teringat setahun yang lalu, pada 18 Agustus 2020 pada pukul 13.00-15.00 WIB terdapat sebuah webinar dari Hafecs.id melalui aplikasi zoom meeting berjudul “Pengembangan Kurikulum Inovatif dan Penerapan Asesmen Pembelajaran baik Secara Tatap Muka maupun Secara Virtual”. Pada pertemuan zoom tersebut memberikan sebuah kata kunci bahwa guru tidak boleh menyerah dalam segala kondisi yang terjadi.

Dan tepat sekali, ternyata di awal September 2020, ternyata aku harus mengalami kenyataan pahit dengan diberhentikan secara sepihak dari tempatku mengabdi sebagai guru di sebuah sekolah di Cikarang. Alhasil, aku sedikit sedih, dan berkecamuk. Akankah aku berhenti menjadi guru dan berbelok pekerjaan. Namun, dengan sebuah ikhtiar akhirnya aku tetap berada di jalur sebagai guru. Aku mencoba mengikhlaskan kejadian tersebut dan kembali memotivasi diri untuk bisa terus mengabdi sebagai guru. Dan aku bisa mengabdi kembali menjadi guru di sebuah sekolah di Kota Depok.

Dalam masa-masa tersebut, tentu saja ada kondisi melemah situasi. Ini seharusnya dijadikan sebagai sebuah tantangan dan harapan. Webinar tersebut, menjadi sebuah penguat bagi diriku. Dan benar saja, di sekolah tempatku mengabdi saat ini aku bukan hanya sebagai guru, namun juga diberikan amanah tambahan sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. Ini pun sebagai peluang dan tantangan untuk bisa lebih baik lagi.

Akupun teringat apa yang pernah disampaikan oleh seorang tokoh dan motivator pendidikan yaitu Prof. Dr. Arief Rahman Hakim pada suatu seminar kependidikan di tahun 2013, delapan tahun yang lalu, 

"Kondisi guru tidak boleh dijadikan sebagai hambatan. Kondisi apapun itu guru harus terus belajar dan menjadikan keteladanan untuk lebih baik kepada peserta didik."

Akhirnya kuterus belajar dan kuukir prestasi. Ini pun selalu kutambatkan bahwa aku harus bisa memberikan spirit juga kepada guru yang ada di sekolah tempatku mengabdi saat ini, bahkan di sekolah sebelumnya. Dan saat ini platform pendidikan sangatlah banyak, sebutlah Guruinovatif.id sebagai salah satu platform yang mendukung skill (keahlian) untuk guru.


Kenapa Guru Harus Memiliki Skill Keguruan???

Tentu saja, jawaban yang harus menjadi sebuah prioritas adalah untuk peningkatan pendidikan bagi generasi bangsa. Bisa dilihat sebuah data dari PISA bahwa potret pendidikan Indonesia masih terkategori terbelakang. Bahkan data dari UKG juga membenarkan adanya hal tersebut. Ini harus menjadi sebuah pemikiran bersama dalam penanggulangannya. 

Guru??? Yups, Guru adalah pondasi utama untuk melakukan trasnformasi agar pendidikan Indonesia bisa lebih maju lagi.

Dengan adanya kolaborasi bersama GuruInovatif tentu saja akan membawa arah pendidikan ke yang lebih baik. Begini pandangan ringan menurutku:

1. Guru Pembelajar Jadi Teladan di Kelas

Betul saja, Guru harus melakukan perencanaan sebelum berada di kelas dengan RPP. Melalui GuruInovatif.id ini bisa download RPP lho. Dari saling berbagi bersama guru yang ada di seluruh Indonesia hingga dunia akhirnya bisa melakukan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Tentu setelah melakukan pembuatan RPP sendiri, guru harus menjadi sutradara di kelas. Kemana arah tujuan pembelajaran, gurulah yang menjadi peran utamanya.

2. Guru Melek Teknologi, Siswa Pencipta Teknologi

Ini sebuah harapan bagi kita semua, bukan saja diriku ini. Namun, memang berpengaruh sekali. Seorang guru harus melek IT di dunia saat ini. Jangan sampai kalah dengan siswa. Melalui platform GuruInovatif.id beraneka ragam pelatihan disediakan agar guru tidak mudah nyaman dengan kondisi, tetapi melek teknologi untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Bagi seorang guru, tidak boleh merasa malu atau gengsi, namun menjadi pembelajar yang bisa teknologi akan lebih bermanfaat dan hasilkan siswa yang bisa mencipta teknologi di kemudian hari.

3. Tak ada Kata Kudet Bagi Seorang Guru

Ini menjadi landasan, dan perenung bahkan pelecut bagi diriku. Seorang guru harus banyak membaca dan update informasi yang ada. Media Sosial gunakan sebijaknya untuk melakukan update informasi. Pembelajaran memang bisa digunakan melalui media sosial kok. Aku pernah melakukan pembelajaran secara live instagram atau youtube di awal pandemi melanda di Bulan April 2020. Seiring berjalannya waktu, aku pun membuat materi pembelajaran melalui youtube dan membagikan ke siswa untuk dipelajari. Jadi dengan update media sosial yang ada, tentu bisa digunakan untuk pembelajaran dan juga sharing informasi.

 

GuruInovatif.id Dukung Skill Pembelajaran Guru

Tak bisa dipungkiri memang dalam hal pembelajaran perlu adanya skill yang mumpuni. Tentu bagi para guru juga harus memiliki keahlian tersebut. Kemampuan pedagogik yang baik, didukung dengan kemampuan profesional tentu pembelajaran di kelas menjadi sangat menyenangkan dan bermakna.

Sebagai seorang guru/pendidik tentu harus juga memiliki yang namanya sertifikat pendidik. Sertifikat ini akan berdampak bagi guru yang bersangkutan, juga terhadap sekolah tempat guru mengabdi. Semakin banyak guru yang memiliki sertifikat, akan mendukung kelaikan sekolah tersebut.

Untuk meraih sertifikat pendidik, saat ini bernama PPG (Program Profesi Guru). Dahulu, sertifikat pendidik bernama PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru). Aku adalah angkatan terakhir yang mendapat sertifikat pendidik melalui PLPG tersebut, di tahun 2017. Teringat, saat itu untuk mendapatkan kesempatan dalam PLPG bisa dengan lama mengajar, dan juga ada yang melalui jalur prestasi. Aku sempat mengikuti kedua hal tersebut, dan lolos di kedua jalur tersebut. Namun, karena aku sudah memiliki jalur yang lama pengabdian dalam mengajar, akhirnya untuk jalur prestasi, aku tidak mengambilnya.

Sertifikasi Guru dengan adanya bukti sebuah sertifikat pendidik ini sangat berarti sekali. Pengabdian dan pengorbanan sebagai guru terasa nikmat dalam suka dan dukanya. Ternyata dengan didukung oleh dunia digitalisasi saat ini, serta kondisi pandemi covid 19, sertifikasi pendidik bisa dipenuhi melalui platform GuruInovatif.id.

 


Keunggulan GuruInovatif.id

Dengan adanya sebuah platform di masa saat ini tentu saja memberikan sebuah kemudahan bagi guru. Cukup dengan berselancar dari rumah, bisa mengikuti beraneka webinar untuk mendapatkan ilmu bersama GuruInovatif.id. Berikut keunggulan platform GuruInovatif.id, yaitu:

1. Kemudahan untuk Belajar

Belajar di masa pandemi Covid 19 ini tentu yang didahulukan adalah dari segi kemudahan akses untuk belajar. Di mana saja, dan kapan saja bisa untuk belajar. Sesuai sekali dengan slogan Merdeka Belajar yang digulirkan oleh Mas Menteri Pendidikan, bahwa belajar itu perlu kemerdekaan dan juga kemudahan. Inilah yang mendukung GuruInovatif untuk selalu memberikan akses kemudahan.

2. Trainer Berpengalaman

Yang namanya sebuah pendidikan itu lebih ditunjang dengan adanya pengalaman dalam belajar. GuruInovatif.id ini memberikan sebuah pengalaman tersendiri dengan hadirnya trainer yang berpengalaman saat pelaksanaan webinar atau kursus yang terlaksana. Guru Belajar bersama trainer berpengalaman GuruInovatif.id tentu akan hasilkan pendidikan yang lebih baik.

3. Pelatihan Peningkatan Kemampuan dan Keahlian Guru

Guru yang semangat belajarnya tinggi, tentu akan memberikan efek kepada peserta didik. Guru juga harus terus melatih kemampuan dan keahliannya dalam pembelajaran. Zaman terus berganti, peserta didik pun terus berganti dengan tingkat zamannya. Guru pun terus berlatih untuk penyesuaian gaya pengajaran saat di kelas. Melalui GuruInovatif.id ini justru sangat membantu peningkatan kemampuan tersebut.

Dalam platform GuruInovatif.id sudah disediakan beraneka pelatihan berupa seminar virtual yang biasa dikenal dengan webinar (web seminar) hingga kepada kursus online maupun pelatihan online. Peningkatan keahlian guru yang disediakan GuruInovatif.id juga ada yang basic (free) hingga kepada premium (berbayar). Pelatihan Guru ini bisa meningkatkan keahlian dan kemampuan gaya pembelajaran dari seorang guru.


4. Kursus Bersertifikat

Yang namanya sebuah keahlian tentu akan bermakna dan bergengsi dengan pembuktian pada sebuah sertifikat. Pelatihan di GuruInovatif.id juga disediakan sertifikat tersebut. Bisa dilihat pada kelas online yang disediakan GuruInovatif.id yaitu Bincang Guru Inovatif, Guru Inovatif Class, dan Guru Inovatif Academy. Pada Kursus Online yang disediakan GuruInovatif.id juga ada Online Certification, Mini Course, serta Productivity Course.

Selain pembelajaran di kelas akan bermakna dan menyenangkan, tentu saja sertifikat ini akan berarti pula bagi seorang guru. Tentu bagi abdi negara bisa menunjang pemenuhan portofolio untuk naik jabatan. Pun bagi guru di sekolah swasta juga bisa membuktikan untuk penaikan salary atau tunjangan keguruan. Terlebih lagi dalam hal ini guru yang memiliki sertifikat tentu sangat bermakna dalam pengaplikasian dalam pembelajaran di kelas.


Profesionalisme Guru Bukan Sebuah Keniscayaan Bersama GuruInovatif.id

Teringat, sebuah Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen menyebutkan bahwa ada 4 kompetensi yang harus dimiliki seorang guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Keempat kompetensi tersebut tentu bermuara kepada satu tujuan yaitu Profesionalisme Guru.

GuruInovatif.id ternyata bisa mendukung terwujudnya profesionalisme guru. Dengan pelatihan yang disediakan dan memiliki standar utama untuk kelulusannya, itu bisa dijadikan sebuah bahan tersertifikasinya seorang guru untuk profesional. Kolaborasi bersama GuruInovatif.id ternyata dibuktikan oleh 90.000+ guru dan pegiat pendidikan yang telah bergabung dan merasakan manfaat bersama GuruInovatif.id. Bahkan 11.000+ sekolah dan instansi yang berada di 450+ kota/kabupaten juga telah berkolaborasi mengikuti 450+ pelatihan bersama GuruInovatif.id


Tak bisa dipungkiri lagi dengan kolaborasi bersama GuruInovatif.id untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik, skill guru harus meningkat dan bersertifikasi untuk wujudkan Profesionalisme Guru. 

 

 Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog GuruInovatif sesi 3 :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Family Time di Little Boss Play and Eat

Seberapa Greget Kamu Memiliki Rumah di Tahun 2019?

Menikmati Bebek Kaleyo di Tomang yang Enak