Permainan Hilangkan Boring saat Pandemi C19 Melanda

 


Pandemi Covid-19 belumlah usai. Sudah berjalan hampir 2 tahun. Ini membuat segala sisi beraktivitas dari rumah. Anak-anak belajar dari rumah, sedangkan orang tuanya bekerja dari rumah, bahkan untuk kebutuhan sesuatu maka belanja pun dari rumah. Namun, ada kalanya bosen menghampiri, bermain pun dari rumah.

Ada beberapa permainan yang juga bisa dijadikan penghilang rasa bosan selama dari rumah.

1. Congklak

Permainan yang tergolong jadul ini cukup enak untuk dimainkan saat di rumah. Permainan yang bisa dilakukan oleh dua orang ini sangat asyik penghilang kejenuhan.

olah disain Sae


Permainan congklak sangat mudah dimainkan. Dengan memiliki 14 hingga 16 lubang dengan isi 7 biji tiap lubangnya. Diawali bermain bersama dengan dimulai dari ujung kanan pada setiap pemain. Lalu pada kotak yang terdapat 7 biji diambil dan dipindahkan ke setiap kotak-kotak berikutnya melingkari yang dimiliki hingga mengitari kepada pemain lawannya. Pada ujung paling kiri tempat meletakkan isi bagian biji.

Jika berhenti pada meletakkan biji di tempat yang tidak ada biji maka pemain lawan bisa memulai permainannya. Lalu pada bagian penghitungan isi biji pada setiap sisi kiri yang paling banyak itulah pemenangnya.

Permainan ini di Indonesia cukup populer dengan beragam nama, tergantung daerahnya. Congkak dikenal di daerah sumatera, dentuman lamban di daerah lampung, anggalacang di daerah sulawesi. Bahkan permainan congklak (dikenal di Jawa) ini juga cukup dikenal di Timur Tengah. Sepertinya berdasar data yang ada permainan congklak ini sudah dikenal sejak 7000 hingga 500 SM.

Meskipun saat ini, permainan congklak sudah mulai ditinggalkan, namun masih ada yang menyediakan permainan ini bahkan dibuat dalam bentuk game online juga.

2. Kelereng

Permainan ini lebih sering dimainkan oleh anak lelaki. Namun, sejatinya permainan kelereng bisa juga dimainkan oleh anak wanita. Bermain kelereng cukup seru dengan cara permainan yang berbeda-beda tergantung kesepatakan bagi para pemainnya. Bermain kelereng bisa menghilangkan rasa kebosanan saat berada di rumah di masa pandemi ini lho.

3. Bermain Bola

Bermain sambil berolahraga memang seru. Seperti halnya permainan bola yang populer seantero dunia. Namun, dengan kondisi saat pandemi ini perlu dipastikan para pemain sudah vaksin dan negatif dari hasil swab antigen. Permainan ini bisa menyehatkan dan tentu menghilangkan kebosanan melanda.

4. Menggambar dan Mewarnai

Aktivitas permainan ini bisa dimodifikasi dengan sebuah challenge. Anak bisa bermain dengan ceria dengan menggambar dan/atau mewarnai yang disuka. Ini menjadikan keseruan tersendiri bagi aktivitas keluarga secara bersama-sama. Bahkan bisa dijadikan untuk melatih kreativitas bagi sang anak.

5. Bermain game online di plays.org

Nah, yang ingin kuutarakan dalam game online di plays.org ini cukup seru lho. Aku sudah mencoba permainan ini kala kondisi kejenuhan melanda diriku.

olah disain : Sae

Dengan membuka link plays.org akan terbuka beraneka ragam jenis permainan yang sederhana hingga rumit. Bahkan permainan yang ditawarkan pun sangat banyak tingkat kesukarangnya mulai dari level mudah hingga level ahli.

Pada layar utama dari plays.org ini ketika kita menggerakkan hingga ke bagian paling bawah di sana terdapat 200-an lebih katalog permainan game online yang bisa dimainkan. Bahkan hingga mencapai ribuan game yang bisa dimainkan. Tinggal klik dan bisa untuk dimainkan. Saat aku menklik katalog spiderman, maka akan muncul pula aneka permainan spiderman mulai dari aksi, simulasi, hingga petualangan.

olah disain : Sae


Aku mencoba permainan spiderman di plays.org. Ada tiga pilihan permainan bisa untuk dimainkan, yaitu:

- 1. penyelesaian misi dengan memindahkan spiderman yang berada di atas kereta untuk mengambil berlian (diamond) hingga menghindari api dan bola tajam.

- 2. Penyelesaian misi dengan meloncat dan terbang untuk mengalahkan para serangga musuh.

- 3. Penyelesaian misi dengan melawan monster musuh satu persatu dengan menembakkan jaring-jaring spiderman ke lawan musuh. Permainan ini yang menjadikan kubisa berlama-lama memainkannya.

Jika dilihat secara umum pada plays.org adalah sebuah permainan yang dahulu kala sering dimainkan olehku dengan nintendo atau gameboy. Nah, permainan ini lebih memodifikasinya menjadi permainan yang mengasyikkan.

Ketika kuarahkan permainan ini kepada anak-anakku, ternyata mereka juga menyukai permainan ini. Dan mereka bisa memilih permainan dengan berlama-lama saat mereka sedang berdiam dan lelah dari aktivitas selama pandemi.

Aku berharap permainan ini bisa dimainkan dengan aman tanpa ada pishing, hingga pornografi. Dan ini yang lebih menarik bagiku selaku orang tua untuk keamanan anak-anak juga dari kejahatan di internet. Kalau mau mencoba silakan saja ke plays.org langsung deh. Dan dapatkan keceriaan bersama.   



Komentar

Postingan Populer