Bosan Belajar Online? Gak Lagi Deh,, Ini Tipsnya!!!



Pandemi Covid-19 telah melanda dua tahunan nih. Aktivitas belajar online pun menjadi keseharian bagi anak-anak di rumah. Rutinitas pagi hari diawali dengan membuka aplikasi pertemuan dalam jaringan (daring) semisal zoom, pun dengan aktivitas kegiatan saling sapa dengan menggunakan whatsapp hingga telegram. Pun dengan penggunaan media belajar dengan aplikasi video streaming semisal youtube atau instagram hingga facebook.

Bosen gak sih??? Tentu saja, ada rasa kebosanan melanda. Biasanya bertemu dengan siswa serta guru menjadi berubah pola. Banyak pula yang mengeluhkan dengan pembelajaran secara daring (online).

Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mencegah kebosanan nih.

1. Cari Teman untuk Eksplorasi

Dengan adanya sebuah kebijakan agar bisa kembali ke sekolah, akhirnya dikabulkan oleh pemerintah. Pembelajaran Tatap Muka secara Terbatas pun diperbolehkan dengan beberapa ketentuan. Bagi saya, seorang guru, menjadi menarik dan bisa menghilangkan inti/topik dalam pembelajaran yang sering dikeluhkan tuh. Nah, bagi siswa inilah saatnya mencari teman dan kembali berhubungan dengan yang lainnya saat berada di sekolah. Meskipun sangat singkat tentu memberikan makna dan aktivitas penuh arti.

Lalu, saat kembali ke rumah dan belajar online bagaimana mencari temannya? Tentu saja, bisa dilakukan nih. Saya selaku guru saat di zoom menggunakan fitur breakout room, selain siswa bisa berdiskusi dengan temannya juga bisa memecah kebuntuan donk. Alhamdulillah, daya kreasi bisa lebih tereksplorasikan juga saat berdiskusi.

2. Buat Waktu Lebih Efisien dan Efektif

Supaya learning lost tidak terjadi, seorang guru seperti saya juga membuat perancangan terhadap waktu belajar supaya bisa lebih efektif dan lebih efisien. Bagi saya ini perlu dilakukan, agar para siswa dalam belajar online tetap semangat dan tidak merasakan kejenuhan.

Aktivitas lainnya yaitu dengan pemberian ruang bagi siswa untuk bisa mengatur waktu dengan lebih efisien. Siswa diberikan pemantik untuk bisa mengatur jadwalnya secara mandiri. Hal ini tentu saja agar kenyamanan tetap terjaga meski saat belajar dengan perangkat online. Jika sudah terjalankan dengan baik bagi para siswa, tentu menjadi pengalaman berharga dan kebanggaan bagi siswa. Sedangkan bagi guru menjadi sebuah praktek terbaik dalam pola pembinaan ke siswa.

3. Lokasi yang nyaman

Ada kalanya saat belajar perlu ruangan yang penuh kenyamanan. Bagi guru juga butuh kenyamanan dalam mengajar secara online. Sedangkan siswa juga butuh tempat yang fresh agar bisa menerima dan memahami ilmu yang diberikan oleh guru untuk dirinya.

Kenyamanan ini bagiku menjadi yang berharga. Aku juga mengatur sebuah ruang khusus untuk bisa belajar online. Tempat diatur agar bisa lebih nyaman dengan pengaturan ruangan yang menarik. Ada ruang khusus bisa menunjang pula untukku bisa belajar melalui kegiatan webinar dan lain halnya.

Bagi siswa, lagi-lagi perlu adanya motivasi agar bisa memberikan ruang nyaman dalam belajar online. Lokasi yang menarik pun memberikan rasa kenyamanan bagi siswa untuk belajar. Berbagi dan jiwa kepemimpinan yang coba dilatih kepada siswa untuk pencapaian kepada cita-citanya dengan belajar yang lebih baik meskipun belajar online.

4. Berkomunikasi dengan Baik

Di kala sedang belajar online, tentu saya merasakan ketidaknyamanan dalam berkomunikasi kepada siswa. Memberikan joke dan quote motivasi agar dalam pembelajaran tidak terasa garing. Hal ini juga perlu bagi siswa untuk melakukannya. Budaya Indonesia yang baik dengan berkomunikasi yang baik juga perlu dilaksanakan. Teknik berkomunikasi yang baik tentu akan memberikan makna yang lebih baik kepada dua pihak, antara siswa dengan siswa, siswa ke guru hingga siswa saat sedang presentasi di hadapan khalayak.

Rasa Bosan tentu akan berkurang dengan aktivitas yang menunjang. Ada kalanya nih perlu tambahan untuk bimbingan belajar. Siswa pun bisa dengan mengikuti bimbingan belajar online yang sedang marak saat ini. Bahkan, siswa juga ada yang melakukan les matematika online. Ini semua sangat bermanfaat pastinya. Akhirnya, ketemu dengan lembaga Sinotif Indonesia deh.

Mengenal Sinotif Indonesia

Dalam penyusuranku di dunia maya Sinotif Indonesia merupakan bimbingan belajar online terbaik. Sebuah visi yang tersemat pada Sinotif Indonesia yaitu World’s Best Place for Students and Team to Re-Educate and Live. Dengan adanya sebuah visi tersebut sesuai dengan cita-cita pendidikan bagi negeri Indonesia itu sendiri. Tentu, untuk tercapainya visi tersebut, Sinotif Indonesia pun memiliki sebuah misi yaitu menemukan teknologi & cara terbaru untuk mempermudah proses belajar siswa. Benar banget memang dengan kondisi serba online perlu adanya teknologi online dalam pembelajaran tuh.

Sebuah lembaga yang bernaung sebagai bimbel online terbaik perlu inovasi agar tetap terjalankan dengan baik tuh. Dengan program yang ditawarkan akan menjadi sebuah keunikan dan tentunya keberhasilan bagi para siswa donk. Karena bernama bimbingan tentu perlu adanya kesesuaian dan memahami karakter belajar bagi peserta didik juga.

Sinotif Indonesia menurut pandanganku sangat variatif pelayanan terbaik untuk peserta didik. Dengan Sinotif Learning Method memberikan sebuah pelayanan kepada peserta didik sesuai dengan kebutuhan dan tahapan serta pencapaian target belajar yang berbeda-beda pula.

Dengan adanya perbedaan sebuah tuntutan sekolah, maupun kebutuhan peserta didik dengan target dan hasil belajar, Sinotif Indonesia sebagai tempat les untuk mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia bisa membantu siswa dari berbagai sekolah baik yang kurikulum nasional hingga internasional, mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA yang disusun dengan metode pengajaran secara personal.

Ada Apa (Saja) di Sinotif Indonesia???

Mengetahui sebuah kebutuhan bagi para peserta didik tentu perlu adanya program yang dirancang dengan target dan kekhasan peserta didik. Di Sinotif Indonesia juga memiliki beberapa program dalam bimbingan les online, yaitu:

1. Diamond: Privat

Pada program ini Sinotif Indonesia menawarkan privat belajar untuk peserta didik dengan 1 guru untuk 1 siswa. Ini memberikan ruang bagi guru untuk mengetahui perkembangan belajar sang peserta didik. Untuk jadwal pun bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kesibukan. Jika ada kebutuhan mendadak seperti Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), hingga Penilaian Akhir Semester (PAS), atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) hingga Ujian Sekolah (US), bahkan persiapan untuk tes masuk sekolah dan universitas (dalam negeri maupun luar negeri).

2. Platinum: Semiprivat

Untuk program Sinotif Indonesia berupa platinum ini, 1 guru dikhususkan untuk maksimal 5 siswa. Jumlah pertemuan dalam seminggu minimal ada 2 X dengan tiap pertemuan selama 1,5 jam. Pembelajaran yang digunakan yaitu bisa secara online, live interaktif. Jadwal pembelajaran pun bisa dipilih oleh siswa serta bisa pula berganti jika sedang berhalangan. 

3. Gold: Classical

Dengan kebutuhan untuk membantu pemahaman materi yang belum dimengerti, latihan soal, persiapan Penilaian Harian hingga Ulangan Umum ini disediakan program classical Sinotif Gold dengan setiap kelas terdapat 6 hingga 15 siswa. Program ini disediakan 2X setiap minggu dengan lama pertemuan yaitu 1,5 jam/pertemuan.



Keunggulan Sinotif Indonesia

Pembelajaran selama pandemi dengan metode daring ini, membuktikan bahwa Sinotif Indonesia juga turut menerapkan pembelajaran secara live interaktif terbaik di Indonesia. Ini sudah dibuktikan dengan pengalaman Sinotif Indonesia selama 20 tahun lebih dalam pelayanan. Keunggulan Sinotif menjadikan siswa lebih berprestasi tentunya. Berikut Keunggulan Sinotif Indonesia:

1. Dalam pembelajaran siswa dibekali dengan 7 lapis modul dengan beraneka variasi tingkat kesulitan untuk membantu kebutuhan siswa dalam menjawab berbagai variasi soal

2. Siswa bisa belajar 3 pelajaran sekaligus dengan sistem moving class

3. Sistem semi privat dengan personal approach & menekankan learning process

4. Sinotif online memberikan pembelajaran menarik melalui video pembelajaran yang menarik

5. Guru-guru tetap dengan standar tinggi yang profesional memberikan bimbingan yang menarik untuk meningkatkan prestasi siswa

6. Informasi berkala kepada orang tua terkait perkembangan dan prestasi belajar siswa

7. Adanya sebuah garansi nilai yang meningkat kepada siswa

Dengan keunggulan yang teruji memberikan bukti bahwa Sinotif Indonesia menjadi lembaga semi privat dengan ciri khas kelengkapan, kecepatan, kemudahan dan fun.



Penasaran dengan Sinotif Indonesia??? Tenang, ada program 1 kali belajar gratis kok, dengan kontak ke Sinotif Indonesia pada nomor whatsapp +62 812-6852-8100. Jika memiliki kendala dalam pembelajaran pun bisa dengan kirimkan foto soal yang ingin ditanyakan melalui aplikasi berbasis Android bernama Tanya Jawab Soal, maka tim Sinotif Indonesia akan membantu penyelesaian soalnya. 

Tentu saja, dengan adanya pandemi yang tak kunjung usai. Perlu adanya sebuah variasi pembelajaran agar pembelajaran tidak membosankan dan adanya peningkatan serta prestasi belajar siswa. Ini harus terus diupayakan agar Indonesia menghasilkan generasi penerus yang membanggakan dan lebih baik.

 

Komentar

Postingan Populer