Berbisnis Banyak Untung Tanpa Ribet, Gabung #Blibliseller Aja

 




Pandemi ini membuat segala lini kehidupan juga berubah. Termasuk di dalamnya yaitu perekonomian masyarakat. Pun terjadi denganku, yang mengalami kondisi ‘dirumahkan’.

Sempat terpikir pula akan berbisnis, namun berbisnis apa ya? Niat yang belum terkumpul utuh masih setengah-setengah. Akhirnya belum terlaksana untuk menjadi pebisnis.

Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ath Thabrani dalam “Al-Mu’jamul Kabiir” yang selalu memantikku untuk berniat menjadi pebisnis. Yaitu Hadits yang diriwayatkan istri Nabi Muhammad SAW, Ummu Salamah R.A bahwa Para Shahabat Radhiallahu’anhum menyukai dan mencintai usaha berdagang, demikian juga Rasulullah SAW menyukai dan mencintainya.

Hadits di atas juga turut diseimbangi dengan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim, yaitu “Kalau keduanya (pedagang dan pembeli) bersifat jujur dan menjelaskan (keadaan barang dagangan atau uang pembayaran) maka Allah akan memberkahi keduanya dalam jual beli tersebut, tapi kalau keduanya berdusta dan menyembunyikan (hal tersebut) maka akan hilang keberkahan jual beli tersebut.”

Dengan mengutamakan sebuah nilai-nilai islami sebagai sendi kehidupanku, akhirnya perlahan juga turut melakukan perniagaan (berdagang). Beberapa kali melakukan perdagangan di e-commerce via facebook atau instagram juga turut menggiurkan. Misalkan menjual baju kaos bola, handphone, action cam, dan barang-barang lainnya.

Dalam perjalanan perdagangan tersebut, ternyata sering dan acap kali kudapati pertanyaan dari seorang pembeli : “ada link e-commercenya gak?”, karena memang aku belum ada e-commerce di manapun ya kujawab “tidak”. Pertanyaan itu turut pula disambangi dengan sebuah keraguan dari pembeli, akankah aku (selaku pedagang) berbohong atau tidak. Dan ini merupakan sebuah kewajaran.

Di lain cerita aku juga sering menjadi pembeli di facebook atau instagram gitu, namun, ragu-ragu sering muncul seperti halnya yang dilakukan oleh pembeli kepadaku. Dan ini tentu tidak boleh terjadi, jika mengamalkan ajaran dari agama. Ini harus terus diasah agar tetap terjaga kejujuran. Rasulullah SAW sendiri dalam melakukan perniagaan karena kejujurannya, sehingga dipercaya oleh Siti Khadijah untuk berbisnis dengannya.

Dari hal itu, akhirnya terniat untuk membuat sebuah toko di e-commerce. Ragu terus mengiang. Bagaimana dengan biaya promosi? Bagaimana awal memulai? Bagaimana membuat akun? Hingga tetek bengek yang kadang aku juga maju mundur untuk melakukannya menjadi pebisnis disamping aku menjadi seorang pengajar.

 


Jadwal kembali ke sekolah sudah ada yaitu hari Senin, 9 Mei 2022, dalam mempersiapkan pembelajaran, aku juga iseng membuka akun facebook maupun instagramku pada 8 Mei 2022. Mataku tertuju pada sebuah akun blibliseller. Pada sebuah status igreels tertulis caption “jualan suka mentok gitu-gitu aja? Atau udah cobain segala cara, tapi cuan kurang ngumpul? Sini kita bisikin caranya... Gratis”. Caption ini yang akhirnya kujelajahi juga menuju link website blibliseller di seller.blibli.com.


Ada beberapa panduan menarik karena dengan adanya iming-iming keuntungan sebesar Rp.5,4 Juta untuk Bantuan Modal Promosi. Ini tentu memberikan kesan tersendiri bagiku nih dalam hal perdana untuk melakukan penjualan. Menjadi pebisnis dengan berniaga (berdagang) di blibli ternyata mudah lho.

Dalam hal berniaga tentu harus ada toko donk, dan untuk membuat toko di blibli itu juga cukup mudah, yuks ikuti panduanku:

1.       Email penjualan

Dengan melakukan pentikkan pada link seller.blibli.com akan keluar tampilan dashboard dengan langsung mengarahkan untuk pendaftaran toko. Klik deh bagian tersebut, lalu isikan email untuk transaksi penjualan. Bisa juga langsung koneksi ke akun google atau facebook jika berkenan. Setelah itu klik submit deh.

2.       Input OTP

Otomatis setelah langkah 1 akan ada nomor kode OTP yang dikirimkan ke email tuh. Tinggal input kode OTP ke kolom yang disediakan, lalu submit.

3.       Input nomor HP dan password

Setelah proses OTP, maka yang akan diinput selanjutnya yaitu Nomor Handphone, password, dan nama toko. Jika ada kode referral juga boleh diisikan. Setelah itu ketik daftar.

Melalui 3 proses tersebut maka toko sudah jadi di e-commerce blibli.com deh. Mudah, cepat dan praktis pastinya.

 


Sudah menjadi kelumrahan bagiku untuk senantiasa jujur. Itulah yang memang menjadi ciri khas bagi bangsa Indonesia ya. Dan dalam berbisnis juga demikian. Untuk menjaga kejujuran tentu perlu adanya legalitas donk. Bukan sekedar membuka toko saja sich, aku juga harus melegalkan dagangan dengan melakukan kejelasan identitas.

Blibli.com ini juga setelah toko tersedia, maka diwajibkan mengisikan identitas kelegalan hukum. Hanya cukup dengan KTP dan Buku Tabungan kok. Yups, Dengan memfotokan KTP maka otomatis sistem membaca foto KTP dan mengisikan otomatis tentang nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Mudah kan.

Eits, ada lagi nih, untuk mengisikan rekening penjual. Ya iyalah, untuk dapatkan Big Deals, tentu harus ada rekening bank donk. Nah, cukup masukkan nomor rekening dan nama rekening, serta nama bank. Setelah itu selesai dan bisa berjualan deh. Big Deals, insyaAllah!

 


Siapa sih yang tidak ingin menikmati rezeki! Siapa juga yang tidak ingin duit! Tentu semua pasti ingin duit, pastinya. Selagi sudah berusaha, lalu berikhtiar, dan bersyukur, tentu tinggal menikmatinya. Apalagi yang namanya berbisnis dengan berjualan pasti ingin mendapatkan keuntungan donk.

Sebuah slogan dari blibli.com yaitu “Big Choice, Big Deals” juga berikan inspirasi lebih nih. Betapa tidak??? Setelah tadi melakukan pembukaan toko, lalu langkah selanjutnya yaitu tinggal berjualan deh. Dan aku pun mencoba berjualan sebuah produk nih. Bagaimana caranya melakukan penjualan, berikut yang kulakukan:

1.       Identitas Barang

Isikan untuk merk, model, tipe, dan jenis produk/barang. Hal ini untuk meyakinkan pembeli agar lebih sesuai barang yang dibutuhkan. Lalu isikan pula brand apa dan kategorinya apa. Pada isian brand dan kategori juga harus pas tentunya. Dan yang terpenting juga yaitu buat kelengkapan pada identitas barang.

2.       Estimasi Harga

Di blibli ini juga menampilkan sebuah kalkulator untuk merinci harga barang untuk dijual. Kalkulatornya tersebut ada pengisian harga awal barang lalu ditambah dengan margin keuntungan yang diinginkan hingga kepada margin kerjasama dengan blibli. Pada saat pengisian ini jadi lebih pas untuk mendapatkan keuntungannya nih.

3.       Ukuran Barang

Untuk Ukuran barang ini harus diisikan mulai dari panjang, lebar dan tinggi barang saat pengepakan. Serta tak lupa berat barang saat pengiriman nantinya. Hal ini pastinya melalui pengiriman, jadi perlu ada biaya ongkos kirim donk.

Setelah tahapan tersebut terisikan, pastinya sudah beres untuk melakukan penjualan deh. Coba aja deh.

 



Di Blibli seller ini juga menyediakan sejenis pelatihan gratis juga lho. Dan awalnya tuh aku lihat dari instagram @blibliseller sehingga membuat ketertarikan untuk berniaga di blibli. Bukan hanya itu saja ternyata ada ruang khusus penjual juga di blibli.


Saya mencoba menonton video youtube di pada kanal Blibli. Ada sebuah inspirasi dari Bu Yasmin yang memiliki butik dan batik. Sebuah pengalamannya dengan memiliki butik dan batik tentu akan eksklusif pastinya. Namun, Perjuangan Bu Yasmin dengan mengikuti arahan dari #Blibliseller menjadi semakin pesat. Bu Yasmin tersebut mulai belajar cara menata harga, Cara foto produk, hingga cara melakukan promo dan pemberian voucher kepada pelanggan (pembeli).

Yups, sebuah nama Blibli University tersemat pula. Itu lho Pusat Edukasi Berjualan Blibli.com. Di Blibli University ini pula bisa melihat sharing dari para pebisnis/penjual sukses di Blibli, seperti halnya Bu Yasmin yang mengikuti jejak sukses dengan gabung di Blibli seller.

Melihat website Blibli ternyata di bulan Ramadan kemarin banyak juga inspirasi dari pedagang yang sukses meraup keberkahan dari melalui Blibli lho. Benar bangeudh tuh #RamadhanBerkahdiBlibli


Tentu saja, setelah mendapatkan sebuah inspirasi tidak boleh diam donk! Harus ada sebuah perubahan, dengan melakukan penjualan. Akupun turut mencoba juga. Setelah mencoba mendapatkan sebuah kemudahan dengan fasilitas Rp.5,4 Juta tuh. Kok Bisa??? Bisa donk, kan Blibli kasih untuk beberapa promo, seperti:

1.       Upload Produk Instan

Pada bagian di atas, kan sudah aku buat untuk item barang yang ingin dijual ya. Pada barang tersebut, mudah banget deh, untuk segera tayang secara instan. Tentu produk/barang yang ingin dijual juga sudah sesuai dengan ketentuan. Produk/barang yang ingin dijual juga harus ditentukan stok barang, sehingga produk bisa sedia dibeli oleh calon pembeli, dan produk bisa tayang di blibli.com deh.

2.       Bonus Saldo Bliklan

Untuk Bonus Saldo Bliklan ini bisa lebih dari Rp. 5 juta lho untuk segera tercapainya peningkatan traffic toko. Aktifasi toko juga bisa semakin dipercepat dengan adanya langkah-langkah yaitu:

-          Bonus Bliklan Rp. 50.000,- untuk download dan menggunakan Blibli Seller App

-          Bonus Bliklan Rp. 300.000,- untuk upload lebih dari 5 produk dalam 7 hari sejak toko aktif

-          Bonus Bliklan Rp. 50.000,- untuk Pengaktifan Fitur pengiriman Instan & Sameday

-          Bonus Bliklan Rp. 100.000,- untuk penggunaan fitur promo (voucher seller, combo, grosir)

-          Bonus Bliklan Rp. 500.000,- untuk upgrade toko menjadi official store

-          Bonus Bliklan Rp. 100.000,- diberikan jika berhasil menyelesaikan pesanan pertama sebelum 30 hari sejak toko aktif

-          Bonus Bliklan Rp. 200.000,- untuk pengaktifan fitur Click and Collect pada toko

-          Bonus Bliklan Rp. 300.000,- jika berhasil menyelesaikan 10 pesanan atau lebih sebelum 90 hari sejak toko aktif

-          Bonus Bliklan Rp. 500.000,- jika berhasil menyelesaikan 25 pesanan atau lebih dengan rating toko minimal 85 sebelum 180 hari sejak toko aktif (Silver Badge)

-          Bonus Bliklan Rp. 1.000.000,- jika berhasil menyelesaikan 100 pesanan atau lebih dengan rating toko minimal 90 sebelum 180 hari sejak toko aktif (Gold Badge)

-          Bonus Bliklan Rp. 300.000,- telah memiliki dan menggunakan fitur FBB secara aktif pada toko

-          Bonus Bliklan Rp. 2.000.000,- jika berhasil menyelesaikan 500 pesanan atau lebih dengan rating toko minimal 95 sebelum 180 hari sejak toko aktif (Diamond Badge)

3.       Subsidi Voucher Seller

Nah, bagi pembeli tentu akan sangat senang jika ada voucher yang bisa mengurangi harga. Dan di sini jika menjadi seller ada kemudahan dengan diberikan subsidi dari blibli nih. Subsidi voucher seller hingga mencapai Rp. 200.000,- akan diberikan dengan cara yang juga mudah lho. Cukup aktifkan voucher toko dan beberapa langkah berikut:

-          Membuat Voucher diawali dengan kode BLI-xxx

-          Maksimal besaran discount 20% dengan maksimum potongan discount Rp. 25.000,-

-          Minimal transaksi Rp. 50.000,-

-          Periode voucher maksimal 30 hari sejak toko aktif

Eits, ketentuan tersebut masih bisa disesuaikan sesuai dengan seller/pedagang kok, selagi masih di bawah ketentuan yang berlaku.

Masih ada lagi nih, jika ada transaksi menggunakan seller voucher tersebut, maka seller/pedagang mendapatkan cashback diskon maksimal Rp. 200.000,-

 

Gimana???  Keren pake Bangeudh donk, menjadi pebisnis dengan berdagang di blibli.com bisa bangeudh pastinya, Udah mudah dan gak pake ribet banyak keuntungan juga tuh. Kalau masih penasaran segera follow media sosial blibli sellernya di instagram maupun tiktok deh. Yang pastinya terus pantengin update status dari Blibli. OK deh teman-teman, yuks sama-sama kita raih keuntungan dengan berjualan di Blibli. Big Choice, Big Deals pastinya!

 


 


Sumber Tulisan:

-          Pengalaman Pribadi

-          https://www.blibli.com/friends/blog/buka-toko-di-blibli-dan-dapetin-modal-promo-rp-56-juta/

-          https://seller.blibli.com/learning/news/ART-00220/taktik-jitu-dapatkan-pesanan-pertamamu

-          https://seller.blibli.com/learning/news/ART-20288/untung-berlipat-dengan-buka-toko-di-blibli

Sumber Gambar dan Video:

-          Dokumen Pribadi

-          Akun Youtube Blibli

-          Akun Youtube Pribadi

Infografis:

-          Saepullah diolah dengan Canva, capcut, dan Kinemaster




Komentar

Postingan Populer