PRETES DAN POSTES MODUL 1 CALON GURU PENGGERAK PGP ANGKATAN 10

  Program Guru Penggerak angkatan 10 sudah terlaksana dimulai dari modul 1. Modul 1 diawali dari pretes dan diakhiri dengan postes. Modul 1 ini terdiri dari 4 bagian modul yaitu modul 1.1 Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak, Modul 1.3 Visi Guru Penggerak, dan modul 1.4 Budaya Positif. 

Pada sesi pretes dan postes perlu dipersiapkan dengan baik untuk mendapatkan nilai terbaik pula. Ada beberapa latihan yang bisa dimanfaatkan sebagai pembelajaran untuk persiapan pretes dan postes tersebut. Semoga sedikit bocoran soal ini bisa membantu untuk belajar dan menyelesaikan tes. Selamat menyimak !


Dalam aksi nyata, Anda diminta menerapkan pemahaman Anda terkait budaya positif di kelas atau di sekolah. Anda menemukan murid-murid Anda di sekolah kepeduliannya terhadap sesama masih kurang. Berikut ini aktivitas-aktivitas yang mungkin dapat dilakukan:

1) Menciptakan Program Kebajikan yang berkaitan dengan peduli dan empati

2) Memberikan penguatan positif atau bujukan agar murid-murid yang kurang berempati dapat bersikap baik kepada teman-temannya di sekolah

3) Memberikan tanda bintang untuk murid yang memiliki sikap yang baik

4) Pembentukan keyakinan Kelas melalui poster-poster nilai kebajikan kepedulian/empati

Berdasarkan aktivitas/program di atas, program aksi nyata mana yang Anda akan pilih agar murid Anda dapat belajar dengan aman dan nyaman?

a.       1 dan 4

b.       3 dan 4

c.       1 dan 2

d.       2 dan 4

e.       2 dan 3

Jawaban: A

 

Untuk mewujudkan sekolah ramah anak, seorang guru penggerak menyusun rencana perubahan dengan menerapkan "inkuiri apresiatif" secara menyeluruh sehingga diketahui hal-hal di sekolah yang dapat mendukung terwujudnya sekolah ramah anak tersebut.

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum beranjak ke langkah berikutnya dalam rencana perubahan yang Anda susun adalah ….

a.       Apa yang dipahami oleh komunitas sekolah sebagai sekolah ramah anak?

b.       Mengapa sekolah ramah anak perlu diwujudkan?

c.       Berapa lama program sekolah ramah anak ini akan dijalankan?

d.       Siapa saja yang akan terlibat dalam program sekolah ramah anak ini?

e.       Apa saja kekuatan sekolah saat ini yang dapat membantu mewujudkan sekolah ramah anak?

Jawaban : A

 

Roni selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya dan selalu dikumpulkan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Kondisi ini menggambargan adanya motivasi diri Roni yang…

a.       ingin mendapatkan pujian dari temannya dan berusaha menjadi anak yang bertanggung jawab

b.       ingin mendapatkan penghargaan dari gurunya dan ingin menjadi teladan bagi teman-temannya.

c.       ingin menghargai dirinya sendiri dengan nilai-nilai yang dipercayanya dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.

d.       ingin menghargai dirinya sendiri dan juga ingin dihargai oleh guru maupun teman-temannya

e.       tidak ingin mendapatkan teguran dari gurunya dan ingin menjadi anak yang bertanggung jawab.

Jawaban : C

 

Ki Hadjar Dewantara menyatakan bahwa pendidikan budi pekerti dapat dilatih dengan menggunakan permainan anak-anak, seperti permainan cublak-cublak suweng yang  dapat melatih….

A.      olah rasa

B.      olah raga

C.      olah tenaga

D.      olah semangat

E.       olah pikir

Jawaban : E

 

KHD menyatakan bahwa pendidikan bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak, untuk itu posisi guru di dalam kelas harus bertindak …

a.       menuntun anak untuk menemukan arah dan cara yang tepat untuk mencapai tujuan pendidikan.

b.       memberikan penghargaan dan hukuman kepada anak melalui kegiatan yang dapat menstimulus anak semangat belajar.

c.       menyusun program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh anak secara menyeluruh sehingga menjadikan anak yang berprestasi.

d.       memastikan pencapaian anak dalam menguasai pengetahuan dan keterampilan yang di telah ditetapkan sebagai capaian kurikulum.

e.       melaksanakan evaluasi pembelajaran yang selalu menilai kesesuaian pencapaian prestasi anak ketika belajar.

Jawaban : A

 

Anda sudah menyusun sebuah rencana perubahan dan melakukan Aksi Nyata dengan mengidentifikasi dan mengapresiasi yang terbaik dari apa yang telah ada.Pernyataan di atas menggambarkan tindakan yang …

a.       memusatkan perhatian pada tujuan/ keinginan.

b.       mendorong tindakan dan perubahan nyata.

c.       mengarahkan perhatian ke arah yang positif.

d.       menggunakan pola pendekatan berbasis kekuatan.

e.       mengungkap fakta yang positif dari anggota komunitas yang telah dilakukan sekolah.

Jawaban : E

 

Banyak hal positif yang sudah Anda lakukan dalam mengeksekusi prakarsa perubahan diri menggunakan pendekatan inkuiri apresiatif. Langkah apa yang selanjutnya dapat Anda lakukan agar keberhasilan yang dicapai lebih bermanfaat?

a.       Membuat karya tulis untuk memenuhi kebutuhan angka kredit.

b.       Merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan dan membagikannya pada komunitas praktisi.

c.       Menuliskannya dalam bentuk jurnal.

d.       Membuat laporan lengkap kepada Kepala Sekolah

e.       Mendokumentasikan tiap langkah kegiatan.

Jawaban : A

 

Ki Hadjar Dewantara meyakini bahwa proses belajar harus selaras dengan kodrat anak. Pada tiap periode usia anak memiliki kekhususan yang harus dijadikan bahan pertimbangan dalam proses belajar. Pada periode usia Wiraga, jasmani (raga) dan indera anak tumbuh pesat sekali. Dengan demikian, mereka harus banyak bergerak (melatih otot kasar/besar), melatih otot halus, mengeksplorasi indera mereka (pendengaran, perasa, pengecap, penciuman, peraba, termasuk imajinasi), dan mengenali simbol-simbol. Apa yang sebaiknya guru lakukan pada periode ini?

a.       Guru menuntun anak untuk melakukan, membiasakan, menginsyafi, hingga akhirnya menyadari mengapa mereka (misalnya) melakukan kebiasaan baik yang mereka lakukan di sekolah, bukan sekedar menuruti/mengikuti suatu aturan/kebiasaan saja.

b.       Guru berupaya mengembangkan seluruh potensi anak, karena pada periode ini jasmani (raga) dan indera anak tumbuh pesat sekali.

c.       Guru menuntun dan menantang anak dalam hal pengelolaan diri dan pengenalan potensi dirinya.

d.       Guru berupaya fokus pada pemberian akses dan penyediaan pengalaman belajar agar anak makin merdeka dalam mengeksplorasi “dunia”nya (diri, sesama, dan lingkungan di dekatnya).

Jawaban : D

 

tindakan yang mencerminkan peran guru penggerak sebagai couch bagi guru lain adalah ...

a.       melakukan evaluasi proses terkait pembelajaran yang dilakukan

b.       memberikan arahan dan refleksi dari praktik profesionalnya

c.       mengadakan dialog dengan rekan sejawat untuk menumbuhkan budaya belajar

d.       memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi rekan sejawat

e.       melakukan refleksi dan berbagi pengalaman praktik profesionalnya

Jawaban : E

 

Proses Inkuiri Apresiatif harus dimulai dengan filosofi dan visi yang berpusat pada kepentingan murid. Dari sana kemudian diturunkan menjadi tujuan-tujuan rinci berupa prakarsa perubahan. Rumusan visi yang tepat adalah …

a.       menciptakan lulusan bertaraf internasional dengan kualitas diri yang tinggi dalam aspek kepribadian, akademis dan non akademis

b.       mencetak murid unggul dalam prestasi, berkarakter, berbudaya, peduli lingkungan, berwawasan global yang dilandasi iman dan takwa.

c.       menyediakan suasana positif, aman dan membangkitkan minat murid untuk menjadi pemelajar mandiri sepanjang hayat dalam mencapai potensi terbaiknya.

d.       mewujudkan generasi yang memiliki karakter, memiliki prestasi, dan menguasai iptek

e.       mewujudkan insan Indonesia berbudi pekerti luhur, peduli, berbudaya, berwawasan lingkungan, unggul dalam prestasi, serta kompetitif dalam dunia global.

Jawaban : C

 

Bagian dasar dari segitiga restitusi bertujuan untuk mengubah identitas anak dari orang yang gagal karena melakukan kesalahan menjadi orang yang sukses. Berikut ini adalah kalimat yang mungkin dapat dikatakan pada anak:

1) “Bapak/Ibu tidak tertarik mencari siapa yang salah, tapi Bapak/Ibu ingin mencari solusi dari permasalahan ini”.

2) “Kita bisa menyelesaikan ini”.

3) “Kamu pasti punya alasan mengapa melakukan hal itu”

4) “Kamu mau jadi orang yang seperti apa?”

Kalimat mana yang paling tepat Anda pilih untuk meyakinkan anak agar ia menjadi reflektif?

a.       2 dan 4

b.       1 dan 2

c.       2 dan 3

d.       3 dan 4

e.       1 dan 4

Jawaban : B

 

Program yang paling tepat yang dapat dibuat guru untuk menguatkan budi pekerti bagi murid adalah …

A.      Menugaskan anak untuk mengikuti kegiatan kemasyarakatan di lingkungan masing-masing sesuai dengan kultur sosial budayanya.

B.      Selalu mengingatkan anak pentingnya kecerdasan budi pekerti sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat yang lebih baik.

C.      Mengadakan kegiatan parenting untuk membangun kerjasama dengan orang tua bahwa keluarga merupakan tempat yang penting dalam menumbuhkan kecerdasan budi pekerti anak.

D.      Mengikutsertakan anak dalam program ekstrakurikuler yang dapat menstimulus anak untuk mengembangkan kecerdasan budi pekertinya.

E.       Menyusun budaya sekolah yang menstimulus anak untuk menjalankan kebiasaan-kebiasaan baik sebagai pengembangan kecerdasan budi pekerti bagi anak.

Jawaban : C

 

Ki Hadjar Dewantara mengatakan “waspadalah, carilah barang-barang yang bermanfaat untuk kita, yang dapat menambah kekayaan kita dalam hal kultur lahir atau batin. Jangan hanya meniru. Hendaknya barang baru tersebut di selaraskan lebih dahulu”

 

Maksud dari kata “barang-barang” dari pernyataan KHD adalah …

a.       sebagai simbol dalam Memanfaatkan semua potensi yang dimiliki siswa untuk mencapai kehidupan yang bermasyarakat dan berbudaya seluas luasnya.

b.       sebagai simbol untuk Menolak pengaruh pengaruh dari luar yang masuk ke bangsa Indonesia yang dapat mengganggu perkembangan bangsa dalam mengahadapi kecakapan abad 21.

c.       sebagai simbol untuk Memfasilitasi siswa dalam mencapai kodrat alam dan kodrat zaman.

d.       sebagai simbol dari tersedianya hal-hal yang dapat ditiru, namun selalu menjadi pertimbangan dan memiliki potensi-potensi kultural yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar.

e.       sebagai simbol untuk Menggali potensi yang di miliki oleh setiap siswa dalam menuntun perkembangannya dalam berkehidupan bermasyarakat.

Jawaban : D

 

Mengenai pendidikan dengan perspektif global, KHD menyebutkan bahwa guru hendaknya…

A.      membawa budaya indonesia agar dikenal secara luas di dunia luar

B.      mengadopsi muatan atau konten pengetahuan dari luar yang sesuai dengan nilai kemanusaiaan dan konteks budaya yang ada di Indonesia

C.      mengambil bahan-bahan dari budaya luar yang dapat memperkembangkan dan/atau memperkaya kebudayaan kita sendiri.

D.      meniru konten pengetahuan yang yang terkini sesuai dengan perkembangan zaman

E.       menyatukan konten pegetahuan dan budaya indonesia dengan konten dan budaya asing

Jawaban : B

 

Anda memahami bahwa budaya positif di sekolah memberikan manfaat yang penting dalam mewujudkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi murid.

Anda berencana melakukan tindak lanjut dalam mewujudkan budaya positif di sekolah Anda. Cermati pilihan rencana tindak lanjut berikut.

1) melakukan kolaborasi yang baik dengan rekan sejawat dalam membuat program-program kebajikan universal

2) melakukan kolaborasi yang baik dengan Kepala Sekolah dalam membuat peraturan dan konsekuensi yang disepakati murid

3) berbagi pengalaman dan pembelajaran selama mempraktikkan aksi nyata budaya positif di kelas

5) membuat program keyakinan kelas di sekolah secara mandiri

Menurut Anda, rencana mana yang baik dalam mewujudkan budaya positif di sekolah Anda?

a.       1 dan 4

b.       1 dan 3

c.       1 dan 2

d.       2 dan 3

e.       2 dan 4

Jawaban : B

 

Salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila adalah bernalar kritis. Manakah pernyataan di bawah ini yang termasuk ke dalam bernalar kritis…

a.       Murid mampu memodifikasi, menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak untuk mengatasi berbagai persoalan baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk lingkungan di sekitarnya.

b.       Murid mampu menyaring informasi, mengolahnya, mencari keterkaitan berbagai informasi, menganalisa serta membuat kesimpulan berdasarkan informasi tersebut.

c.       Murid mampu berinteraksi secara positif antar sesama, memiliki kemampuan komunikasi interkultural, serta mampu memaknai pengalamannya di lingkungan majemuk sebagai kesempatan pengembangan dirinya.

d.       Murid mampu berkolaborasi dengan orang lain dan secara proaktif mengupayakan pencapaian kesejahteraan dan kebahagiaan orang-orang yang ada dalam masyarakatnya.

Jawaban : B

 

Pada saat kelas Matematika, Ami terlihat sibuk mengobrol dengan Uti dan sama sekali tidak memperhatikan Pak Hadi yang sedang menjelaskan. Kemudian Pak Hadi berkata: “Ami, Uti, ayolah, bagaimana sih kalian. Kemarin kalian sudah janji ke bapak bukan, kenapa mengobrol lagi pada saat bapak sedang menjelaskan? (sambil tertawa ringan). Ya, sudah tidak apa-apa, duduk dulu sana. Nanti Pak Guru bantu. Kamu ini.” (sambil senyum-senyum).

Berdasarkan kasus tersebut, posisi kontrol apa yang diambil oleh Pak Hadi dalam pendekatannya kepada Ami dan Uti?

a.       Manajer

b.       Pemantau

c.       Penghukum

d.       Teman

e.       Pembuat merasa bersalah

Jawaban : D

 

Anda melakukan ko-kreasi melalui langkah-langkah BAGJA, dengan mendefinisikan sekolah di masa depan menjadi sekolah yang ramah sampah, dan dapat memanfaatkannya, serta warga sekolah mempunyai kemampuan untuk melakukan itu semua. Hal ini menggambarkan kegiatan pada pada langkah :

a.       Gali Mimpi

b.       Jabarkan Rencana

c.       Ambil Pelajaran

d.       Atur Eksekusi

e.       Buat Pertanyaan

Jawaban : A

 

Anda baru saja ditugaskan menjadi Pembina Pramuka di sekolah. Lewat penyelidikan mandiri, Anda menghadapi tantangan yaitu menurunnya tingkat partisipasi siswa di sekolah terhadap kegiatan Pramuka. Siswa lebih tertarik pada kegiatan lain seperti olahraga dan seni, padahal Pramuka merupakan wahana pembentukan karakter siswa. Menurut Anda, agar kegiatan Kepramukaan bisa menarik minat siswa banyak hal yang harus dibenahi pada Ektrakulikuler Pramuka agar kegiatan Kepramukaan bisa menarik minat siswa.

Dari daftar tindakan di bawah ini, manakah yang menjadi tindakan PERTAMA dalam rencana Anda?

a.       Mengumpulkan data otentik yang menunjukkan bahwa menurunnya partispasi siswa dalam mengikuti kegiatan Pramuka adalah masalah

b.       Memberikan reward kepada siswa yang berpartispasi aktif dalam mengikuti kegiatan Pramuka

c.       meminta pendapat guru-guru untuk menemukan jalan keluar permasalahan mengenai menurunnya partispasi siswa dalam mengikuti kegiatan Pramuka

d.       membuat peraturan dan kebijakan berkaitan dengan persoalan menurunnya partispasi siswa dalam mengikuti kegiatan Pramuka

e.       Membuat promosi melalui poster-poster mengenai kegiatan-kegiatan yang ada dalam Ekstrakulikuler Pramuka

Jawaban : A

 

Ibu Dahlia sebagai Guru Penggerak senantiasa memunculkan gagasan segar dan tepat guna. Ia juga pantang menyerah serta jeli melihat peluang/potensi yang ada di sekitarnya untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pembelajaran murid.

Nilai guru penggerak yang sudah dimiliki oleh ibu Dahlia adalah ….

a.       Kolaboratif

b.       Berpihak kepada peserta didik

c.       Inovatif

d.       Mandiri

Jawaban : C

 

dalam BAGJA kegiatan menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/ peluang lewat investigasi atau penyelidikan, mengidentifikasi/ mengapresiasi yang terbaik dari apa yang telah ada serta menemukan "inti positif". Adalah gambaran dari langkah ...

 a. Atur Eksekusi

 b. Jabarkan Rencana

 c. Ambil Pelajaran

 d. Gali Mimpi

 e. Buat Pertanyaan

Jawaban : C

 

Anda telah selesai melaksanakan manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif. Ide cemerlang dengan kesuksesan ini tentu haruslah bermanfaat. Apa yang akan Anda lakukan kemudian?

a.       Meminta masukan/kritik dari teman.

b.       Melaporkannya kepada Kepala Sekolah.

c.       Menyusun sebuah refleksi melalui teknik 4P/4F dan mendiseminasikan kepada komunitas.

d.       Membuat dokumentasi hasil Aksi Nyata agar rapi

e.       Menyusun BAGJA sesuai langkahnya.

Jawaban : D

 

Definisi pendidikan dan pengajaran menurut KHD adalah…

A.      tempat persemaian benih-benih yang akan menjadi sumber kebudayaan dalam masyarakat.

B.      menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat

C.      proses Pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan batin

D.      usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti yang seluas-luasnya.

E.       proses persemaian anak-anak sebagai benih yang akan menjadi pelopor di masa yang akan datang

Jawaban : D

 

Sebagai guru penggerak yang menarapkan kepemimpinan pembelajaran, rencana manakah yang paling tepat untuk mewujudkan wellbeing dalam ekosistem sekolah?

a.       Melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat untuk meningkatkan kompetensi

b.       Melakukan pengembangan diri dan rekan sejawat melalui kegiatan di kelompok kerja

c.       Membuat lingkungan kelas yang aman, nyaman, menyenangkan namun tetap menantang dan relevan bagi siswa.

d.       Mengambil pelajaran dan mengasah keterampilan metakognitif untuk menciptakan pembelajaran yang efektif

e.       Menggerakkan komunitas praktisi di sekolah untuk merencanakan kegiatan

Jawaban : C

 

Sisi kedua dari segitiga restitusi adalah validasi tindakan yang salah. Setiap tindakan kita dilakukan dengan suatu tujuan, yaitu memenuhi kebutuhan dasar. Berikut ini adalah kalimat yang mungkin dapat dikatakan untuk memvalidasi kebutuhan anak:

1) “Apa nilai-nilai umum yang kita telah sepakati?”

2) “Apakah kamu sedang menjadi teman yang baik buat dirimu sendiri?”

3) “Kamu patut bangga pada dirimu sendiri karena kamu telah melindungi sesuatu yang penting buatmu”.

4) “Kamu boleh mempertahankan sikap itu, tapi kamu harus menambahkan sikap yang baru.”

Kalimat mana yang paling tepat Anda pilih, agar bisa memvalidasi kebutuhan mereka?

a.       3 dan 4

b.       1 dan 4

c.       1 dan 2

d.       2 dan 3

e.       2 dan 4

Jawaban : A

 

Ibu Dahlia senantiasa memaknai pengalaman yang terjadi di sekelilingnya, baik yang terjadi pada diri sendiri maupun pihak lain secara positif-apresiatif-produktif. Menurutnya, pengalaman-pengalaman ini boleh jadi akan menimbulkan kesan positif maupun negatif. Pengalaman-pengalaman tersebut sebagai pembelajaran untuk menuntun dirinya, murid, dan sesama dalam menangkap pembelajaran positif, sehingga mampu menjalankan perannya dari waktu ke waktu.

Ibu Dahlia sebagai guru penggerak sudah menerapkan nilai …

a.       Reflektif

b.       Berpihak kepada peserta didik

c.       Kolaboratif

d.       Mandiri

Jawaban : A

 

Pendekatan yang paling tepat untuk mewujudkan visi sekolah impian dan melakukan perubahan dalam manajemen perubahan yang kolabiratif dan berbasis kekuatan adalah

a.       memberikan apresiasi atas hal yang sudah berjalan baik.

b.       memahami dan menemukan hal positif dari warga sekolah untuk dikembangkan.

c.       mencoba melakukan perencanaan perubahan.

d.       meningkatkan sumber daya manusia.

e.       mengubah kebiasaan sekolah sesegera mungkin.

Jawaban : B

 

Apa yang harus dilakukan guru jika menemui anak yang mengalami hambatan dalam pencapaian pembelajarannya?

A.      melaksanakan pembelajaran diselingi permainan agar anak mudah memahami pembelajaran.

B.      menngarahkan anak untuk menemukan cara belajar sesuai dengan kodrat

C.      membuat sebuah kegiatan ekstrakurikuler yang disenangi anak.

D.      membuat program pembelajaran yang mudah dipahami oleh anak.

E.       membimbing anak untuk selalu giat dalam belajar.

Jawaban : B

 

Menurut KHD Pendidikan anak sejatinya menuntut anak untuk mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan alam dan zamannya. Maksud dari penyataan tersebut adalah…

a.       pembelajaran hendaknya mengadopsi kemajuan teknologi dari luar sebagai sebuah tantangan kebutuhan abad 21.

b.       mewujudkan anak yang unggul dalam hal pengusaan teknologi dan pengetahuan masa kini yang semakin canggih.

c.       kemampuan anak harus berpegang teguh pada kebudayaan yang berlaku yang tidak terpengaruh dengan budaya asing.

d.       pendidikan menjadikan anak memiliki karakter sesuai kultur sosial budaya daerahnya dengan mengedepankan kebutuhan kompetensi masa kini.

e.       pendidikan harus mewujudkan anak yang memiliki kecerdasan akademik dan non akademik

Jawaban : D

 

Anda baru saja ditugaskan menjadi seorang Pembina ekskul Pramuka di sekolah. Lewat penyelidikan mandiri, Anda menghadapi tantangan yaitu menurunnya tingkat partisipasi siswa di sekolah terhadap kegiatan Pramuka. Siswa lebih tertarik pada kegiatan lain seperti olahraga dan seni. Menurut Anda, banyak hal yang harus dibenahi pada kegiatan Pramuka agar bisa menarik minat siswa. Kemudian, Anda menyadari bahwa langkah awal yang diperlukan adalah mengumpulkan data yang dapat menunjukkan bahwa rendahnya partisipasi siswa adalah masalah.

Dari daftar tindakan di bawah ini, manakah yang termasuk dalam rencana Anda mengumpulkan data yang otentik?

a.       Membuat survei masyarakat sekitar sekolah mengenai pentingnya Pramuka di lingkungan mereka.

b.       Membuat penelitian ilmiah mengenai dampak kegiatan Pramuka terhadap kegiatan belajar-mengajar di sekolah.

c.       Membuat survei dan wawancara guru dan murid mengenai minat Ekstrakulikuler Pramuka

d.       Membuat galeri foto-foto kegiatan Pramuka di majalah dinding sekolah

e.       Membuat laporan mengenai dampak kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka di sekolah

Jawaban : C

 

Anda seorang guru di sebuah Sekolah Dasar. Anda akan membuat sebuah perubahan dengan menggunakan pola pikir positif melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA). Anda ditunjuk Kepala Sekolah menjadi penanggung jawab kegiatan pelepasan siswa Kelas VI. Anda mempunyai waktu 4 minggu untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Apa yang akan Anda lakukan pertama kali?

a.       Menunjuk anak yang melakukan pentas seni dan menyewa pakaian untuk penampilan serta melatihnya.

b.       Mengumpulkan siswa kelas 1 s.d kelas 5 untuk membersihkan tempat yang akan digunakan.

c.       Meminta Kepala Sekolah untuk mengumpulkan semua guru dan mendiskusikan pembagian tugas sesuai kemampuannya.

d.       Mencari pelatih seni untuk membimbing pertunjukkan.

e.       Mengadakan rapat orang tua untuk penggalangan dana.

Jawaban : C

 

Anda sudah menyusun Aksi Nyata Program Sekolah Ramah Sampah. Dengan membagi tugas kepada orang-orang yang tepat sesuai dengan kemampuannya. Siapa yang bertugas sebagai Kontroler atau Evaluator. Pernyataan di atas menggambarkan tindakan yang …

a.       menggunakan pola pendekatan berbasis kekuatan.

b.       memusatkan perhatian pada tujuan/ keinginan.

c.       mendorong tindakan dan perubahan nyata.

d.       mengungkap fakta yang positif baru dari anggota komunitas yang telah dilakukan sekolah.

e.       mengarahkan perhatian ke arah yang positif .

Jawaban : A

 

Dalam aksi nyata, Anda diminta menerapkan pemahaman Anda terkait budaya positif di kelas. Anda menemukan murid Anda di kelas sebagian besar kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran Anda. Berikut ini aktivitas-aktivitas yang mungkin dapat dilakukan:

1) Memberikan penguatan positif atau bujukan kepada murid agar murid yang kurang bersemangat dapat mengikuti setiap aktivitas pembelajaran di kelas dengan baik

2) Mengadakan program rewards untuk murid yang berprestasi

3) Menciptakan Program Kebajikan yang berkaitan dengan semangat belajar murid

4) Pembentukan keyakinan Kelas melalui poster-[oster nilai kebajikan tentang semangat belajar

Berdasarkan aktivitas/program di atas, program aksi nyata mana yang Anda akan pilih agar murid Anda dapat belajar dengan aman dan nyaman?

a.       1 dan 3

b.       3 dan 4

c.       2 dan 3

d.       2 dan 4

e.       1 dan 2

Jawaban : B

 

  

Program Guru Penggerak memang digunakan untuk transformasi pendidikan di Indonesia lebih cepat dan lebih baik ke depannya. Perlu adanya upaya pendidikan melalui Program Guru Penggerak dengan terus melakukan pemberdayaan guru untuk terus bergerak dan melaksanakan aktivitas yang berpihak pada murid. Pemberdayaan ini bisa lebih baik dan terus lebih maju ke depannya. Terima kasih.

 

Salam Guru Penggerak.

 

 

Komentar

Postingan Populer